PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROFESIONALISME GURU, DAN POLA ASUH ASRAMA TERHADAP KEPUASAN SISWI SMAI HIDAYATULLAH BOARDING SCHOOL BATAM: Bahasa Indonesia

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROFESIONALISME GURU, DAN POLA ASUH ASRAMA TERHADAP KEPUASAN SISWI SMAI HIDAYATULLAH BOARDING SCHOOL BATAM

Bahasa Indonesia

Authors

  • Sumarno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun, Indonesia
  • Ahmad Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun, Indonesia
  • Kemas Imron Rosadi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin, Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan Pendidikan, Profesionalisme Guru, Pola Asuh Asrama dan Kepuasan Siswi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pendidikan, profesionalisme guru, dan pola asuh asrama terhadap kepuasan siswi di SMAI Hidayatullah Boarding School Batam baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling dengan mengambil keseluruhan siswa kelas XII. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan tingkat signifikan (?) dari 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai signifikan 0,033 kurang dari 0,05. Variable profesionalisme guru berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan siswi, dengan nilai signifikan 0,022 kurang dari 0,05. Variable pola asuh asrama tidak berpengaruh signifikan dengan nilai signifikan 0,341 lebih besar dari 0,05. Kualitas pelayanan pendidikan, profesionalisme guru dan pola asuh asrama secara simultan mempengaruhi kepuasan siswi, dengan nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05.

References

Alfian Satriadi, dkk. Peran Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Siswa Di SMAN 2 Selong, Jurnal Ilmiah Profesi Kependidikan, Volume I No.2 November,
2016
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta,2002
Barata, Atep Adya, Dasar-dasar Pelayanan Prima, Gramedia, Jakarta,2006
Danim, Sudarwan, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga
Kependidikan, Pustaka Setia, Bandung,2002
Febrian, Deni, dkk. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Siswa Yang
Menggunakan Jasa Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Cendekia Tenjolaya,
Jurnal Fakultas ekonomi Universitas Pakuan, Vol 4, No. 4, 2019.
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, PT Bumi Aksara,
Jakarta, 2006
Hikmatul Hidayah, Muhammad Vriyatna, A. M. (2021). TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Mumtaz STIT Mumtaz Karimun, 1(1).

Permatasari, Intan, A. Sobandi, Profesionalisme guru sebagai determinan terhadap
Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 4 No.2, Juli Hal.
182-189,2019
Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2009

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Sumarno, S., Yani, A., & Imron, K. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROFESIONALISME GURU, DAN POLA ASUH ASRAMA TERHADAP KEPUASAN SISWI SMAI HIDAYATULLAH BOARDING SCHOOL BATAM: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 3(1), 38–46. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/94

Issue

Section

JANUARI 2023
Loading...