MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DAN LEMBAGA PENDIDIKAN: Bahasa Indoensia

MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Bahasa Indoensia

Authors

  • Ahmad Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz

Abstract

Dalam usaha mengembangkan suatu lembaga pendidikan tentu tidak akan maksimal jika bergerak sendiri tanpa dukungan dari masyarkat di lingkungan sekitar. Maka perlu adanya komunikasi yang baik secara berkesiambungna dengan pihak-pihak di luar lembaga pendidikan untuk bersama-sama mendukung peningkatan kualitas dari lembaga pendidikan. Hubungan lembaga pendidikan dan masyarakat didefinisikan sebagai proses komunikasi antara lembaga pendidikan dengan masyarakat untuk berusaha menanamkan pengertian warga masyarakat tentang kebutuhan dan karya pendidikan serta pendorong minat dan tanggung jawab masyarakat dalam usaha memajukan sekolah. Tujuan dari humas adalah meningkatkan kualitas belajar dan pertumbuhan anak, meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,serta mengembangkan antusiasme atau semangat saling bantu antara sekolah dengan masyarakat demi kemajuan kedua belah pihak. Kajian ini menjelaskan tentang keterkaitan antara Manajemen Hubungan Masyarakat dan lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber  tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebuah lembaga pendidikan bahkan hampir semua lembaga membutuhkan adanya manajemen humas sebagai salah satu alat untuk mengembangkan diri karena peran dan tugas dari humas tak dapat dipungkiri sangatlah penting. Sehingga perlu pengemasan atau pengelolaan manajemen humas yang efektif dalam pelaksanaannya agar mendapat hasil dengan lebih efisien.

References

Daryanto dan M. Farid. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Gazali, Marlina. “235722-Optimalisasi-Peran-Lembaga-Pendidikan-Un-1Ad38E14.” Al-Ta’dib 6, no. 1 (2013): 126–136.

Hakim, Muhammad Nur. “‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan,.’” Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 110.

Hermino, Agustinus. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter: Konsep, Pendekatan Dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA, 2014.

Ismaya, Bambang. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT. Replika Utama, 2015.

M, Suardi. “Analisis Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 2, no. 2 (2017): 117–126.

Muhardi. “Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia.” Mimbar 20, no. 4 (2004): 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf.

Munirwan, Umar. ““Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan.” Edukasi 2, no. 2 (2016): 18–29.

Nirwana, Mutia, Mirnawati, and Zulkarnaen. “Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di MTsN 1 Bone.” Jurnal Mappesona 2, no. 1 (2019).

Pidarta, Made. Analisis Data Penelitian-Penelitian Kwalitatif. Surabaya: Unesa Press, 2006.

Pyrwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Banten: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Rahayu, Y. N. . Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.2020.

Samsuni Samsuni. “‘Manajemen Sumber Daya Manusia,.’” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17, no. 1 (2017): 105.

Umiarso dan imam ghozali. Manajemen Mutu Sekolah Diera Otonomi Pendidikan: Menuju Mutu Pendidikan Dengan Pendekatan Quality Control Bagi Pelaku Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: IRCISOD, 2011.

Zubair, Feliza, Retasari Dewi, and Ade. ““Strategi Komunikasi Publik Dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan Ptnbh".” Profetik Jurnal Komunikasi 11, no. 2 (2018): 74–84.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Yani, A. (2023). MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DAN LEMBAGA PENDIDIKAN: Bahasa Indoensia. JURNAL MUMTAZ, 3(2), 150–158. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/143
Loading...