MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGRI 001 KARIMUN: Bahasa Indonesia

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGRI 001 KARIMUN

Bahasa Indonesia

Authors

  • Gayatri rama hidayanti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Sumarno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Siti Hawa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

DOI:

https://doi.org/10.70936/stitmumtaz.v4i2.183

Keywords:

Manajemen, kepala sekolah, mutu, pendidikan, SD Negeri 001 Karimun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 001 Karimun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SD Negeri 001 Karimun menjalankan manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dengan baik. Hal ini terlihat dari beberapa indikator, seperti: Penyusunan kurikulum dan kalender pendidikan yang matang, Penetapan jadwal mengajar yang efektif dan efisien, Pengembangan kebijakan dan strategi sekolah yang selaras dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, Pengelolaan kesiswaan yang efektif dan efisien, Penyusunan Rencana Anggaran Sekolah (RAPBS) yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan sekolah, Pembagian tugas dan beban kerja yang jelas, Penciptaan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif, Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, Penilaian dan evaluasi kinerja guru dan staf yang sistematis dan objektif Dampak positif dari manajemen kepala sekolah yang efektif di SD Negeri 001 Karimun antara lain: Meningkatnya prestasi belajar siswa, Meningkatnya tingkat kepuasan orang tua, Meningkatnya kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap sekolah. Meskipun terdapat beberapa faktor penghambat, seperti kurangnya adaptabilitas terhadap perubahan pada beberapa guru dan metode pembelajaran tradisional, kepala sekolah beserta seluruh pemangku kepentingan di SD Negeri 001 Karimun berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan mengantarkan para siswanya menuju kesuksesan.

References

Ajefri, F. (2017). Efektifitas Kepemimpinan Dalam Manajemen Berbasis Madrasah. Al-Idarah :

Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 99–119. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i2.2265

Arifin, Z. (2015). Kepemimpinan Kiai Dalam Ideologisasi Pemikiran Santri Di Pesantren-

Pesantren Salafiyah Mlangi Yogyakarta. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 351–372. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.351-372

Asmiyati, A. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber

Daya di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriliyo I Wukirsari Imogiri Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 41–54. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-04

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa, 11(2), 269. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, (1995).Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi kedua, Jakarta: Balai Pustaka.

Dzaujak Ahmad, (1996). Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.

Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.31538/ndh.v1i2.7

Hamdi, A. (2019). Manajemen Mutu Program Diniyah Pada Pondok Pesantren MuhammadIyah Lamongan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 247–258. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.463

Hawkins, J., & Dulewicz, V. (2009). Relationships between Leadership Style, the Degree of Change Experienced, Performance and Follower Commitment in Policing. Journal of Change Management, 9(3), 251–270. https://doi.org/10.1080/14697010903125498

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.

Krisbiyanto, A. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTsN 2 Mojokerto. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–69. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.182

Kementrian Agama Republic Indonesia, (2019). Al- Qur'an dan Terjemah, (jakarta; Lajnah Pentashihah mushaf Al-Qur'an badan,litbang dan diklat Kementrian Agama Republic Indonesia.

Sumarno. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Di Sma Ar Rahmah Putri Islamic Boarding School Malang. Jurnal Mumtaz, 2(2), 132–149.

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Rahma, G., Sumarno, S., & Hawa, S. (2024). MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGRI 001 KARIMUN: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.70936/stitmumtaz.v4i2.183
Loading...