HUBUNGAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KELAS DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MIS AL-WASHLIYAH KUALUH LEIDONG
Bahasa Indonesia
Keywords:
Kemampuan, Manajemen Kelas, Aktivitas Belajar SiswaAbstract
Faktor ekstrinsik yang mempengaruhi indikator keberhasilan dan kualitas pembelajaran yang dominan yaitu dari factor tenaga pendidik. Dalam hal tersebut berhubungan dengan kemampuan guru dalam melaksanakan manajemen kelas dengan baik. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya keaktifan siswa disaat proses belajar mengajar berlangsung dan rendahnya kemampuan guru dalam memanajemen kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dan besar tingkat hubungan kemampuan manajemen kelas dengan aktivitas belajar siswa di MIS Al-Washliyah Kualuh Leidong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penentuan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebesar 90 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan untuk pengolahan data menggunakan SPSS for windows release 28. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajemen kelas dengan Aktivitas Belajar Siswa Di MIS Al-Washliyah Kualuh Leidong. Dibuktikan dari hasil uji koreasi pada sig.(2-tailed) yaitu 0.004 dan hasil uji signifikan menggunkan rumus anova uji t didapat nilai thit (3,127) > nilai signifikansi (0,004) pada taraf signifikansi 5%, Sedangkan nilai R Square menunjukkan bahwa sebanyak 38,7% aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh manajemen kelas yang dilakukan oleh guru. Nilai R Square ini merefleksikan determinasi dari variabel manajemen kelas yang dilakukan guru dalam memberikan pengaruh kepada variabel aktivitas belajar siswa. Artinya kemampuan manajemen kelas guru memberikan sumbangan sebesar 38,7% dari total 100% aktivitas belajar siswa.
References
Azizul Makris, Hikmatul Hidayah, A. W. N. (n.d.). ANALISIS MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN B.ARAB PADA KELAS VII WUTHO DI PONPES HIDAYATULLAH KARIMUN. Jurnal Mumtaz, 2(2), 162–171.
Febrianto, A. (2014). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Gaya Mengajar Guru terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Materi Pembelajaran Pembangunan Ekonomi SMA Negeri 2 Slawi. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php
Feralys Novauli. M. (2015). KOMPETENSI GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA SMP NEGERI DALAM KOTA BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayah, H dan Mardianti, E. (2021). Pelaksanaan Pendekatan Resep dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas III A Whustho Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun. Jurnal Mumtaz, 1(2), 125–135.
Hidayah, H. (2020). Implementation of Class management Improving the Learning Process in Class VI Umar Bin Khattab SDIT Ummi Aida Medan, Medan Tembung District. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1). https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.3
Muiz, A. (2016). HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Korelasi pada Sistem Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Napitupulu, D. S. (2019). PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM. TAZKIYA, 8(1), 125–138. https://core.ac.uk/download/pdf/267075491.pdf
Nugroho, A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS. Penerbit Andi.
Rina, Rahayuningsih., & dkk. (2012). Penerapan Siklus Belajar 5E (LEARNING CYCLE 5E) Disertai Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1(1), 51–58.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Susanto, R. (2017). PROSES PENERAPAN KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS DENGAN SENAM OTAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESIAPAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH METODE PENELITIAN MAHASISWA PGSD, FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL, JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Paper UNISBANK KE-3 (SEND_U 3), 821–829. https://media.neliti.com/media/publications/173733-ID-proses-penerapan-keterampilan-manajemen.pdf
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.