ANALISIS MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN B.ARAB PADA KELAS VII WUTHO DI PONPES HIDAYATULLAH KARIMUN
BAHASAN INDONESIA
Keywords:
Manajemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran B.ArabAbstract
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas pada pembelajaran B.arab pada kelas VII diponpes hidayatullah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter dengan alat pengumpul data pedoman observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber dataprimer dan sumber data sekunder. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan guru mata pelajaran B,arab, kepala sekolah dan siswa kelas VII. Kesimpulanya adalah manajemen kelas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran B,arab sudah efektif akan tetapi belum sepenuhnya maksimal karena masih terdapat beberapa dari sub indikator yang belum dilaksanakan oleh guru mata pelajaran B.arab .
References
Administrasi Sekolah dan Manajemen
Kelas. Bandung : Pustaka Setia. Hidayah, Hikmatul, dkk. Pelaksanaan Pendekatan Resep DalamPengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas III Whustho Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun. Jurnal Mumtaz, Juli 2021, Volume 1.No.2.
Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Yogyakarta
: Zanafa Publishing.
Nawawi, Hadari.2012. Metode Penelitian
Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah
Mada University Press.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
Yakub. 2014. Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.