MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
Bahasa Indoensia
Keywords:
Manajemen, Peningkatan, Kompetensi,Kinerja, Pendidik, KependidikanAbstract
Di tingkat nasional, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan merupakan langkah penting dalam mewujudkan pencapaian cita-cita pendidikan nasional secara efektif dan efisien. Sumber daya manusia yang handal dalam dunia pendidikan hanya akan diperoleh jika sistem pendidikan telah memiliki mekanisme yang ideal untuk melakukan perekrutan, seleksi, penempatan, pembinaan, evaluasi dan pemberhentian yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang manajemen peningkatan kompetensi dan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan berbagai informasi, khususnya strategi pemilihan informasi yang digunakan oleh peneliti adalah metode library research atau studi kepustakaan. Dengan cara mengumpulkan informasi melalui literatur, seperti buku, berita, jurnal-jurnal yang sesuai dengan tema yang ada dibagian pembahasan. Hasil dari penelitian ini Untuk lebih meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan dalam menjalankan tugasnya, mereka harus dilibatkan dalam kegiatan seperti: 1) Mengikutsertakan dalam pelatihan baik yang dilaksanakan di sekolah (in house training) maupun di luar sekolah dan setelah pelatihan harus mengimbaskan kepada guru/tenaga kependidikan lain, 2) Mengikut sertakan pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi terakreditasi yang ditunjuk oleh pemerintah , 3) Mengikutkan pelatihan dan lokakarya yang sesuai dengan bidang keahliannya, 4) Mengikutkan pelatihan penelitian tindakan kelas, 5) Mengikutkan pelatihan penulisan karya ilmiah dalam bidang profesinya , 6) Mendaftarkan pegawai sekolah untuk ikut kegiatan forum ilmiah sesuai bidangnya seperti seminar, semiloka, diskusi panel konfrensi, konvensi dan temu ilmiah, 7) Sekolah menyediakan buku-buku atau referensi yang memadai bagi guru/tenaga kependidikan, 8) Sekolah memberikan program peningkatan kualifikasi pendidikan bagi tenaga pendidik dan kependidikan dan 9) Mendorong dan memfasilitasi guru/tenaga kependidikan untuk melakukan tutor sebaya melalui kegiatan MGMP atau MGBK baik di tingkat sekolah atau kabupaten/kota.
References
A. Nilwana. (2014). Kinerja Aparatur Negara Berbasis Kompetensi dalam Masyarakat Desa di Kabupaten Sidenreng Rappang. Universitas Negeri Makassar.
Akib, R., Elpisah, E., & Fhareza, M. (2022). Peran Budaya Kerja Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Tenanga Pendidik Dan Kependidikan. Jambura?: Economic Education Journal, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.12228
Arifin, D. dan P. A. (2011). Keprofesionalan Seorang Guru. Pustaka Al Kasyaf.
dan Asep Jihad, S. (2013). Suyanto dan Asep Jihad, Menjadi Guru Profesional: Srategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi. Esensi Erlangga Group.
Panduan Manajemen Sekolah, Panduan Manajemen Sekolah 151 (1998).
E, M. (2009). Standar Kompetensi dan Menyenangkan dan Sertifikasi Guru. PT Remaja Rosdakarya.
Handoko, T. H. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. In LPFE-UI, Jakarta (Kedua). Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan 8 (2020).
Murni. (2019). Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. In Al-Ihda’?: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran (Vol. 13, Issue 2). ALFABETA. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7224%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4445/2926%0Ahttp://repository.unika.ac.id/20131/5/14.D1.0204 EVAN BUDI PRATAMA %286.03%29..pdf BAB IV.pdf%0Ahttps://media.neliti.com/media/publicati
Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Human Resources Management To Improve. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 27–36.
UU Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005, 1 (2005). http:// bi.org/cabebooks/ebook/20083217094
Ritonga, A. A., Lubis, Z., Lidan, A., Putra, E., Nasution, S., & Yuliana, Y. (2022). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Planning Ditinjau dalam Ayat Al-Qur’an. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1323–1331. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2170
Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). Title. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019a). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Abdillah (ed.); 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). http://repository.uinsu.ac.id/12439/1/14. Buku Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan.pdf
Wijaya, C., Hidayat, R., & Rafida, T. (2019b). Manajemen Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hikmatul Hidayah, Sumarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.