PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP ETOS KERJA GURU SMK SWASTA SE-KECAMATAN MEDAN TEMBUNG
Keywords:
Kecerdasan emosional, Etos kerjaAbstract
Etos kerja merupakan pandangan dan sikap terhadap kerja, seseorang yang memiliki etos kerja yang tinggi akan menjunjung tinggi pekerjaan, menjaga harga diri dalam melaksanakan pekerjan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, dalam meningkatkan etos kerja tentu tidak terlepas dari keahlian seorang guru dalam mengelola emosinya dalam bekerja dalam hal ini kecerdasan emosional yang terdiri dari kesadara diri, motivasi diri, pengendalian diri, empati dan keterampilan dalam membina hubungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Etos Kerja Guru di SMK Swasta se-Kecamatan Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan kuesioner dan observasi sebagai tehnik pengmpulan data. Subjek penelitian adalah guru SMK Swasta se-kecamatan Medan Tembung dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang guru. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengarug positif antara kecerdasan emosional terhadap etos kerja guru SMK Swasta se- Kecamatan Medan Tembung karena nilai koefisien korelasi sebesar 0,632, pengaruh positif maksudnya kecerdasan emosional memiliki pengaruh dalam meningkatkan etos kerja guru, koefisien determinasi yang diperoleh dari r2 (0,632)2 adalah 0,400. Hal ini berarti pengaruh kecerdasan emosional terhadap etos kerja guru adalah 0,400 x 100% = 40 %. Artinya kecerdasan emosional memberikan pengaruh sebesar 40 % terhadap etos kerja guru.
References
Dkk, J. P. (2009). Are There Gender Differences In Work Ethic? And Examination Of The Measurement Equivalence Of The Multidimensional Work Ethic Profile, Journal Of Personality And Individual Differences Vo. 47.
Gayle, P. (2004). A Career Work Ethis Versus Just A Job, Journal Of European Industrial Training.
Goleman, D. (2017). Emotional Intelligence, Mengapa Ei Lebih Penting Daripada Iq. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.
Jamaludin. (2015). Pembelajaran Persfektif Islam. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengeektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah . Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja Dan Profesiinalisme. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, N. (2005). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.