KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS NURUL HIDAYAH BENGKALIS

Bahasa Indonesia

Authors

  • Ahmad Yani STIT Mumtaz Karimun
  • Nur Islami Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun, Indonesia
  • Sumarno Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun, Indonesia
  • Zulaekah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun, Indonesia

Keywords:

Kepemimpinan, Kharismatik, Kepala Madrasah, Profesionalisme, Guru

Abstract

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya kepemimpinan kepala madrasah sangatlah mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru, sehingga kepala madrasah harus peka dan tanggap akan hal tersebut. Adanya pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian tentang: “Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Nurul Hidayah Bengkalis”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kepemimpinan kharismatik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala MTs Nurul Hidayah Bengkalis dalam meningkatkan profesionalisme guru. Adapun yang menjadi daya tarik dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kharismatik kepala madrasah yang menimbulkan kesadaran dan keikhlasan para guru yang cukup tinggi dalam melaksanakan program dan kegiatan yang ada di dalam lingkungan madrasah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan waktu. Subjek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Waka kesiswaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya kepemimpinan kharismatik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Nurul Hidayah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik.  Adapun faktor penghambat adalah: adanya beberapa guru tidak memiliki latar belakang keilmuan yang sesuai dan rasa jenuh guru, sedangkan faktor pendukungnya adalah: kesadaran diri dan keikhlasan guru, memiliki kepribadian yang baik, memiliki disiplin kerja yang tinggi dan mempunyai intelektual.

References

Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.14

Hamsyahri, M. (2022). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Ikram. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam & Humaniora Universitas Panca Budi Medan.

Hidayah, Hikmatul, N. R. (2022). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI PONPES DARUL HIJRAH KARIMUN. Mumtaz, 2(1), 30–49. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/46/31

Kurniawan, N., & R, R. (2021). Profil Nabi Muhammad Saw Dan Nilai-Nilai Pendidikannya. Berajah Journal, 1(2), 104–110. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.14

Ramadhani, F., Nahar, S., & Syaukani. (2018). Konsep Evaluasi Pendidikan dalam Al-Qur’an Surah Az-Zalzalah Ayat 7-8 dan Al-Baqarah Ayat 31-34. Edu Riligia, 2(2), 183–196.

Setiawan, A. (2015). PROFESI & ETIKA KEGURUAN. In A. A. Firmansyah (Ed.), Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Cetakan Pe, Vol. 3, Issue April, pp. 1–152). Universitas Muhammadiyah Malang.

Siregar, I. A., & Halwi, M. (2021). Ayat-Ayat Al-Qur’an Tentang Motivasi Kerja Dalam Islam. ALACRITY?: Journal Of Education, 1(1), 80–86.

Sobri, A. Y. (2016). MODEL-MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU Ahmad Yusuf Sobri. Pendidikan, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu, 339–342.

Utami, Y. (2019). Strateg Kepemimpinan Madrasah Dalam Pengembangan Profeionalisme Guru Di MTs Permata Bener Meriah aceh. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningnkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38–46.

Zulaikah, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 40 Purworejo. Jurnal Cakrawala (Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 193–218.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Yani, A., Islami, N., Sumarno, S., & Zulaekah, Z. (2024). KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS NURUL HIDAYAH BENGKALIS : Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 4(1), 71–79. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/165

Issue

Section

JANUARI 2024