DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA SOCIETY 5.0 DI BIDANG PENDIDIKAN
Bahasa Indonesia
Keywords:
Teknologi, Informasi, 5.0, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman tentang dampak positif dan negative dari teknologi informasi di era society 5.0 pada bidang Pendidikan, diharapkan akan berdampak pada penggunaan teknologi informasi yang baik, bijak sehingga dapat meningkatkan kualitas di bidang Pendidikan. Penelitian merupakan penelitian Kepustakaan (Library Research) yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Hasil dari tulisan ini menunjukkan bahwa di era Society 5.0 teknologi informasi memberikan dampak positif memalui akses global, pembelajaran inovatif, analisis data, dan pengembangan keterampilan digital. Namun, terdapat juga dampak negatif seperti kesenjangan akses, isu keamanan, ketergantungan berlebihan, kurangnya interaksi sosial, ketidaksetaraan pengetahuan, overload informasi, dan perubahan dalam gaya pembelajarn. Penting untuk mengelola secara bijak untuk memaksimalkan manfaat teknologi sambil meminimalkan resiko yang mungkin timbul di bidang pendidikan.
References
Ahmad Ridho et al.. 2022. “Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0”. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7. no. 3.
Arya Bimantoro et al.. 2021. “Paradoks Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Era 5.0.” Jurnal Teknologi Informasi 7. no. 1 (2021).
Bambang Warsita Bambang Warsita. 2014. “Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran”. Jurnal Teknodik XV.
Beny Boy R. Nababan. 2007. “Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rohman Samarang Garut”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut 4. no. 1 .
Kiki Kusumawati. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan”. Jurnal Limits 5. no. 1 .
Marianus Subandowo. 2022. “Teknologi Pendidikan Di Era Society 5.0”. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial 9. no. 1.
Milles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Yani, Nabila Rahmadani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.