DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA SOCIETY 5.0 DI BIDANG PENDIDIKAN

Bahasa Indonesia

Authors

  • Ahmad Yani STIT Mumtaz Karimun
  • Nabila Rahmadani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun, Indonesia

Keywords:

Teknologi, Informasi, 5.0, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman tentang dampak positif dan negative dari teknologi informasi di era society 5.0 pada bidang Pendidikan, diharapkan akan berdampak pada penggunaan teknologi informasi yang baik, bijak sehingga dapat meningkatkan kualitas di bidang Pendidikan. Penelitian merupakan penelitian Kepustakaan (Library Research) yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Hasil dari tulisan ini menunjukkan bahwa di era Society 5.0 teknologi informasi memberikan dampak positif memalui akses global, pembelajaran inovatif, analisis data, dan pengembangan keterampilan digital. Namun, terdapat juga dampak negatif seperti kesenjangan akses, isu keamanan, ketergantungan berlebihan, kurangnya interaksi sosial, ketidaksetaraan pengetahuan, overload informasi, dan perubahan dalam gaya pembelajarn. Penting untuk mengelola secara bijak untuk memaksimalkan manfaat teknologi sambil meminimalkan resiko yang mungkin timbul di bidang pendidikan.

References

Ahmad Ridho et al.. 2022. “Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0”. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7. no. 3.

Arya Bimantoro et al.. 2021. “Paradoks Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Era 5.0.” Jurnal Teknologi Informasi 7. no. 1 (2021).

Bambang Warsita Bambang Warsita. 2014. “Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran”. Jurnal Teknodik XV.

Beny Boy R. Nababan. 2007. “Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rohman Samarang Garut”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut 4. no. 1 .

Kiki Kusumawati. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan”. Jurnal Limits 5. no. 1 .

Marianus Subandowo. 2022. “Teknologi Pendidikan Di Era Society 5.0”. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial 9. no. 1.

Milles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Yani, A., & Rahmadani, N. (2024). DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA SOCIETY 5.0 DI BIDANG PENDIDIKAN: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 4(1), 35–39. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/161

Issue

Section

JANUARI 2024