MANAJEMEN STRATEGI TRANSFORMASI IAIN MENJADI UIN MATARAM

Authors

  • Ahmad Yani STIT Mumtaz Karimun

Keywords:

Manajemen, Strategik, Transformasi

Abstract

Teori manajemen strategik yang berasal dari dunia bisnis sebagai alat untuk meningkatkan daya saing telah banyak diadopsi dan diterapkan di dunia pendidikan khususnya pada perguruan tinggi Islam, dan hasilnyapun dinilai efektif dengan melihat beberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia yang melakukan transformasi kelembagaan menjadi UIN dengan menerapkan manajemen strategik dalam pengelolaan lembaganya. Maka dari itu manajemen strategik merupakan alat yang efektif bagi perguruan tinggi Islam dalam mengelola lembaga untuk menghadapi dinamika dan kompleksitas lingkungan yang semakin kompetitif. Manajemen tradisional tidak lagi relevan dengan perkembangan era modernitas seperti sekarang ini. Artikel ini akan menjelaskan penerapan manajemen strategik dalam proses transformasi IAIN menjadi UIN Mataram. Penelitian ini menggukanakan metode penelitian kualitatif, dan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa dalam proses transformasi IAIN menjadi UIN Mataram melewati beberapa tahapan: (1) analisis lingkungan menggunakan analisis SWOT (2) formulasi strategi dengan menentukan strategi dan kebijakan (3) implementasi strategi dengan menyusun dan melaksanakan program, anggaran dan prosedur (4) Evaluasi strategi dengan melakukan koreksi dan perbaikan.

References

Abbas, Syahrizal. Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan. Jakarta: Kencana, 2008.
Akdon. Strategik Management for Educational Management: Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006.
Amirullah, Manajemen Strategi: Teori, Konsep dan Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015.
Ashrof, Ali. Horison Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Sekretariat Jenderal, Himpunan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.
Fred R. David, Strategik Management. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009
Fauzan, Ahmad. “Enam Kampus IAIN Berubah Status Menjadi UIN”, kabarkampus.com, 6 April, 2017. Diakses pada tanggal 1 Maret, 2018. http://kabarkampus.com/2017/04/enam-kampus-iain-berubah-status menjadi-uin/.
Heene, Aime, dkk. Manajemen Strategik Keorganisasian Publik. Bandung: Refika Aditama, 2010.
Hunger, J. David, dan Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategis. Jogjakarta: Andi, 2003.
Indrajit dan Djokopranoto. Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta: ANDI, 2006.
Mulyasana, Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Nashuddin. pengantar untuk Horizon Ilmu: Merajut Paradigma Keilmuan Berbasis Internalisasi-Integrasi-Interkoneksi, oleh M. Taufik dkk, vi. Mataram: leppim IAIN Mataram, 2013.
Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi
Porter, Michael E.. Competitive Advantage (Menciptakan dan mempertahankan Kinerja Unggulan). Tanggerang: Kharisma Publishing Group, 2008.
Rachmat. Manajemen Strategik. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.
Soegoto, Eddy Soeryanto. Menciptakan Strategi Keunggulan Bersaing Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta, 2012.
Suharsaputra, Uhar. Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. Bandung: Refika Aditama, 2015.
Suprayogo, Imam. Revormulasi Visi Pendidikan Islam. Malang: STAIN Malang Press, 1999.
Suprayogo, Imam, dan Rasmianto. Perubahan Pendidikan Tinggi Islam; Refleksi Perubahan IAIN/STAIN Menjadi UIN. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Downloads

Published

2022-01-08

How to Cite

Yani, A. (2022). MANAJEMEN STRATEGI TRANSFORMASI IAIN MENJADI UIN MATARAM. JURNAL MUMTAZ, 2(1), 30–49. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/47

Issue

Section

JANUARI 2022