IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI di SD NEGERI 006 MERAL
Bahasa Indonesia
Keywords:
Implementasi Manajemen Kelas, Efektivitas, Pembelajaran PAI.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi/Penerapan Manajemen Kelas yang terdapat di SD Negeri 006 Meral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari perilaku yang diamati. Adapun subyek penelitian ini adalah guru PAI, Wali Kelas, serta 3 orang peserta didik dari kelas VA dan VI A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis data model Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri 006 Meral sudah berjalan dengan baik, walaupun belum sepenuhnya terlaksana dengan maksimal. Guru sudah menerapkan dua indikator manajemen kelas yaitu pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas, serta penerapan 6 prinsip dalam pengelolaan kelas. Dalam indikator manajemen kelas pertama yaitu pengaturan peserta didik (kondisi emosional) guru sudah menerapkan pengendalian tingkah laku, pengaturan kedisiplinan, pengaturan minat, pengaturan gairah belajar, serta pengaturan dinamika kelompok. Sedangkan pengaturan fasilitas (kondisi fisik) juga sudah diterapkan seperti pengaturan ventilasi, pengaturan kenyamanan, pengaturan tempat duduk, serta penempatan/pengaturan peserta didik. Akan tetapi ada dua indikator yang belum terlaksana yaitu guru belum mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik peserta didik dan ventilasi udara yang masih kurang diperhatikan kebersihannya, siswa belum mengikuti arahan guru untuk membersihkan ventilasi udara setiap hari. Dalam proses pembelajaran guru juga sudah menerapkan 6 prinsip Manajemen Kelas yaitu hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal positif serta penanaman disiplin diri.
References
afriza. (2014). Manajemen Kelas. Pekan Baru: Kreasi Edukasi.
Afriza. (2014). Manajemen Kelas. pekan baru.
Amalia, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAIA. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 170.
Amalia, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 151.
Anggraini1, C. (2018). Fasilitas belajar dan manajemen kelas sebagai determinan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 67.
Dewinta Marthadinata Sinaga1,. A. (2022). Analisis K-Medoids Dalam Pengelompokkan Rasio Murid dengan Guru, Murid dengan Rombel, dan Rasio Rombel dengan Kelas Jenjang Pendidikan SD dan SMP Menurut Provinsi. Jurnal Riset Teknik Informatika dan Data Science, 1.
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al Falah Jurnal Ilmiah dan Keislaman , 275.
Minsih, M. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 20.
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuwan Manajemen Pendidikan, 29.
Nurhasanah1, S. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 129.
S.Suleha, S. S. (2021). Penerapan Manemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 431.
Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Warni. ambura Journal of Educational Management , 152.
Umar sidiq, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.