PROSES IMPLEMENTASI KURIKULUM DI SEKOLAH SD NEGERI 6 RUPAT UTARA: Bahasa Indoensia

PROSES IMPLEMENTASI KURIKULUM DI SEKOLAH SD NEGERI 6 RUPAT UTARA

Bahasa Indoensia

Authors

  • Siti Arfah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz
  • Halimaton Hikmah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz

Keywords:

Proses, Implementasi, Kurikulum

Abstract

Tidak sedikit satuan Pendidikan dengan program pendidikan yang telah dirancang dan dikembangkan dengan baik, tetapi sering kali tidak diimplementasikan dengan baik sesuai misi kurikulum yang sudah direncanakan dengan kata lain gagal dalam pelaksanaan. Untuk itu, pendidik perlu mengupayakan sebuah tahapan pengimplementasian kurikulum yang lebih baik sehingga mencapai hasil pembelajaran sesuai yang diharapkan baik itu mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasinya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui gambaran dalam proses implementasi kurikulum di SDN 6 Rupat Utara yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan metode kualitataif deskriptif yang setiap pengumpulan data dan informasi diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui Proses implementasi kurikulum SDN 6 Rupat Utara dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu: tahapan perencanaan implementasi kurikulum di Sekolah Dasar Negeri 6 Rupat Utara yaitu : 1). Menyusun  TP (Tujuan Pembelajaran) dengan Menganalisis CP (Capaian Pembelajaran) yang sudah ditetapkan. 2). Merencanakan program tahunan, semester, dan mingguan 3). Merancang pengembangkan modul ajar 4). Rencana pelaporan kemajuan belajar peserta didik kepada orang tua dan anak. Dan Adapun tahapan pelaksanaannya antara lain : 1). Melaksanakan dan menerapkan program tahunan, semester, dan mingguan melalui pengembangan modul ajar. 2). Melakukan tes awal secara pribadi oleh guru terhadap murid. 3). pembentukan kompetensi aktif. 4). Melakukankan Evaluasi penilaian kelas. Kemudian tahapan dalam evaluasinya adalah sebagai berikut : 1). Penilaian kelas berupa (harian, ulangan umum) dan UAS,  2). Tes kemampuan dasar calistung, 3). Laporan  hasil capaian peserta didik dari wali kelas terhadap kepala sekolah dan penyampaian hasil belajar oleh wali kelas kepada wali murid.

References

Tidak sedikit satuan Pendidikan dengan program pendidikan yang telah dirancang dan dikembangkan dengan baik, tetapi sering kali tidak diimplementasikan dengan baik sesuai misi kurikulum yang sudah direncanakan dengan kata lain gagal dalam pelaksanaan. Untuk itu, pendidik perlu mengupayakan sebuah tahapan pengimplementasian kurikulum yang lebih baik sehingga mencapai hasil pembelajaran sesuai yang diharapkan baik itu mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasinya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui gambaran dalam proses implementasi kurikulum di SDN 6 Rupat Utara yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan metode kualitataif deskriptif yang setiap pengumpulan data dan informasi diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui Proses implementasi kurikulum SDN 6 Rupat Utara dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu: tahapan perencanaan implementasi kurikulum di Sekolah Dasar Negeri 6 Rupat Utara yaitu : 1). Menyusun TP (Tujuan Pembelajaran) dengan Menganalisis CP (Capaian Pembelajaran) yang sudah ditetapkan. 2). Merencanakan program tahunan, semester, dan mingguan 3). Merancang pengembangkan modul ajar 4). Rencana pelaporan kemajuan belajar peserta didik kepada orang tua dan anak. Dan Adapun tahapan pelaksanaannya antara lain : 1). Melaksanakan dan menerapkan program tahunan, semester, dan mingguan melalui pengembangan modul ajar. 2). Melakukan tes awal secara pribadi oleh guru terhadap murid. 3). pembentukan kompetensi aktif. 4). Melakukankan Evaluasi penilaian kelas. Kemudian tahapan dalam evaluasinya adalah sebagai berikut : 1). Penilaian kelas berupa (harian, ulangan umum) dan UAS, 2). Tes kemampuan dasar calistung, 3). Laporan hasil capaian peserta didik dari wali kelas terhadap kepala sekolah dan penyampaian hasil belajar oleh wali kelas kepada wali murid.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Arfah, S., & Hikmah, H. (2023). PROSES IMPLEMENTASI KURIKULUM DI SEKOLAH SD NEGERI 6 RUPAT UTARA: Bahasa Indoensia. JURNAL MUMTAZ, 3(2), 143–149. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/142

Most read articles by the same author(s)

Loading...