IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 1 KARIMUN: Bahasa Indonesia

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 1 KARIMUN

Bahasa Indonesia

Authors

  • Vika Sari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Zulaekah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Siti Hawa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

DOI:

https://doi.org/10.70936/stitmumtaz.v4i2.180

Keywords:

Implementasi, Manajemen Kearsipan, Kualitas Layanan.

Abstract

Artikel ini membahas tentang implementasi manajemen kearsipan dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi sekolah di SMAN 1 Karimun. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya dari manajemen arsip untuk mendukung keberhasilan tujuan sekolah, baik dalam pengelolaan informasi maupun dalam pengelolaan administrasi. Karena masi banyak di temui organisasi atau instansi yang belum menyadari pentingnya fungsi arsip, sehingga arsip seringkali tidak di perhatikan, tidak diminati atau bahkan dianggap tidak penting untuk dipahami dan diterapkan. Jenis pendekatan penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Secara keseluruhan informan yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : (1) pada implementasi manajemen kearsipan di SMAN 1 Karimun telah terlaksana dengan baik hai ini dibuktikan dengan Staf administrasi yang mengelola penciptaan dan pendistribusian arsip dengan bahasa yang benar dan pencatatan yang baik dalam buku registrasi. Arsip dipelihara sesuai kode dan nomor, digunakan sebagai alat bukti pengambilan keputusan, dan disimpan di lemari serta ruangan yang sesuai. Tidak ada penyusutan arsip karena sistem penyusutan tidak diterapkan lagi. Secara keseluruhan, manajemen kearsipan di SMAN 1 Karimun efektif dan efisien. (2) adanya sumber daya manusia dan sarana prasarana yang baik sebagai faktor pendukung, dan adanya data siswa yang tidak valid serta masih adanya staff tata usaha yang tidak disiplin waktu dalam bertugas sebagai faktor penghambat terimplementasinya manajemen kerasipan di SMAN 1 Karimun. (3) Kualitas layanan administrasi di SMAN 1 Karimun umumnya baik, memenuhi lima dimensi utama: keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian, dan bukti fisik. Layanan dilaksanakan dengan tepat, responsif, memberikan kepastian, ramah, dan didukung fasilitas memadai.

References

Amsyah Zulkifli,2007, Manajemen Kearsipan, (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama )

Asep Saeful Muhtadi, 2003,Agus Ahmad Syafei, Metode Penelitian Dakwah( Bandung : Pustaka Setia )

E. Mulyasa, 2013,Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah ,(Jakarta : Bumi Aksara)

Firda Amalia, Jumino, Evaluasi Penyusutan Arsip di Gedung Penyusutan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Berdasarkan Teori Basir Barthos, Jurnal Polines, (2015), h. 7

Hidayah, H. (2024). Pengintegrasian Sistem Informasi Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan ( BOS ) DI SD Swasta Widya Batam. Tadribuna, 4(1), 18–27.

Muslih Fathurrahman, “Pentingnya Arsip Sebagai Sumber Informasi”, Jurnal Imu Perpustakaan

Dan Informasi, Vol 3, No 2

Neny Anindya Sanora,2016 “Pengelolaan Arsip pada Bagian Tata Usaha Biro Umum Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur,” Jurnal Administrasi Negara, Vol.4 No.2

Sutirman,2015.“Urgensi Manajemen Arsip Elektronik”, Jurnal Efisiensi, Vol. 13, No.1: 97-98

Tri Jely Husnita, “Pengelolaan Arsip Sebagai Sumber Informasi Bagi Suatu Organisasi Melalui Arsip Manual Dan Arsip Digital”, Jurnal Ilmu Pustaka Dan Informasi Islam, Vol 1, No 2

Vici Okta Mahagandi, “ Konsep Dasar, Fungsi Dan Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan”, Jurnal Administrasi, Vol 1, No 1)

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Vika Sari, V., Zulaekah, Z., & Siti Hawa, S. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 1 KARIMUN: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 4(2), 97–101. https://doi.org/10.70936/stitmumtaz.v4i2.180
Loading...