PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEGAWAI PENDIDIKAN: Bahasa Indoensia

PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEGAWAI PENDIDIKAN

Bahasa Indoensia

Authors

  • Zulaekah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz

Keywords:

Penggunaan, Teknologi, Pendidikan, Pelatihan

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Demi tercapainya kinerja yang memuaskan dari pegawai, perlu dilakukan pendidikan peltihan dan pengembangan para pegawai dalam menjalankan tugasnya dengan berbasis multimedia. Sebab proses  kerja yang berbasis pemnafaatan teknologi pedidikan multimedia menjadi semakin umum digunakan dalam sistem pendidikan yang semakin maju dan disertai dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penggunaan teknologi dalam Pendidikan dan peltihan yang berguna untuk peningkatan kinerja/ kualitas sumber daya manusia.  penelitan ini maka menggunakan Metode Riset kualitatif, yaitu menekankan analisanya pada data deskriptif berupa kata- kata tertulis yang diamati, pendekatan kualitatif penulis gunakan untuk menganalisis kajian tentang penggunaan teknologi dalam Pendidikan dan peltihan. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam pelaksanaan pendidikan pelatihan dan pengembangan, pegawai di perkenalkan dan diarahkan dengan teknologi pendidikan yang memiliki hubungan yang  sangat erat dalam menentukan kualitas pembelajaran. Multimedia berbasis presentasi sangat membantu peserta dalam memahami materi pembelajaran yang disajikan atau disampaikan oleh para pendidik maupun tutor. Dengan menggunakan multimedia pembelajaran, pendidikan dan pelatihan sangat membantu proses belajar mengajar sehingga tujuan pendidikan pelatihan dan pengembangan dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan dari setiap proses pelatihan, sehingga hasil baik dari proses pelatihan akan dibawa oleh pegawai atau guru ke dalam proses pembelajaran ketika mereka bekerja.

References

A. Noe, R. (2016). Employee Training & Development (Ke Tujuh). McGraw-Hill Education.

Degeng. (2008). Pedoman Penyusunan Bahan Ajar; Menuju Pribadi Unggul Lewat Perbaikan Kualitas Belajar Mengajar. Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana.

Forrest W.P & Beverly.H.S. (2012). Becoming a Teache (Ke Tujuh). PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2013). Educational technology: A definition with commentary. In Educational Technology: A Definition with Commentary. Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780203054000

Miarso, & Yusufhadi. (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan . Jakarta?: Kencana. In Computer. PT. Kencana Prenada Media Group.

Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. In Penerbit. Kencana Prenadamedia Group (Pertama). Universitas Negeri Jakarta.

Richey, & Seels. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Terjemahan oleh Yusuf Hadi Miarso, Dewi Salma Prawiradilaga & Raphael Raharjo. Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta. http://journal.umg.ac.id

Rusman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengmbangkan Profesionalisme Guru Abad 21. In PT RajaGrafindo Persada. ALFABETA.

Uno. (2011). Klasifikasi Variabel Metode Pembelajaran. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Zulaekah, Z. (2023). PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEGAWAI PENDIDIKAN: Bahasa Indoensia. JURNAL MUMTAZ, 3(2). Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/144
Loading...