MENGAJAR MENGAJI, BACA IQRA’, MENULIS, BERHITUNG DAN MEMBACA DI RUMAH LINGKUNGAN MASYARAKAT HIDAYATULLAH KARIMUN: bahasa indonesia

MENGAJAR MENGAJI, BACA IQRA’, MENULIS, BERHITUNG DAN MEMBACA DI RUMAH LINGKUNGAN MASYARAKAT HIDAYATULLAH KARIMUN

bahasa indonesia

Authors

  • Hikmatul Hidayah STIT Mumtaz Karimun
  • Ratna Syafitri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun
  • Siti Nurjannah Simbolon

Keywords:

Mengajar, Mengaji, Calistung.

Abstract

Pendidikan merupakan jalan yang diharapkan untuk  peningkatan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan manusia dapat menemukan hal-hal baru yang dapat dikembangkan dan diperoleh untuk menghadapi tantangan yang ada sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam perkembangan teknologi yang kian marak perkembangannya begitu juga dalam bidang pendidikan. Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Dalam proses pencapaian tujuan pendidikan tidak hanya dapat dilakukan dengan proses pembelajaran secara formal akan tetapi dapat dilakukan dengan pembelajaran non formal. Untuk membantu proses peningkatan pencapaian kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dapat melakasankan proses belajar mengajar dengan  membuka posko pengabdian untuk belajar mengaji, Iqro’ dan baca tulis bagi anak-anak. Belajar mengaji, Iqro’ dan baca tulis bagi anak-anak adalah salah satu cara alternatif melaksanakan proses belajar mengajar secara non formal dimana Mahasiswi Pengabdian sebagai tenaga pendidikan belajar mengaji, Iqro’ dan baca tulis bagi anak-anak di Lingkungan rumah.

References

Sudjana, N. 2003. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya

Fazil, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Muallaf. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2(1), 85–103. https://doi.org/10.22373/tadabbur.v2i1.29
Srijatun. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal . Srijatun UIN Walisongo Semarang Pendahuluan Usia dini merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar dalam sepanjang. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25–42.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Hidayah, H., Ratna Syafitri, R. S., & Nurjannah, S. (2023). MENGAJAR MENGAJI, BACA IQRA’, MENULIS, BERHITUNG DAN MEMBACA DI RUMAH LINGKUNGAN MASYARAKAT HIDAYATULLAH KARIMUN: bahasa indonesia. JURNAL AL MUHARRIK KARIMUN, 3(1), 66–70. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/almuharrik/article/view/109

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...