PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PENCAK SILAT TERHADAP KEDISIPLINAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-QUR'AN HIDAYATULLAH KARIMUN
Keywords:
Pecak Silat, Ekstrakurikuler, KedisiplinanAbstract
Penelitian ini membahas mengenai upaya yang dilakukan pondok pesantren dalam membentuk kedisiplinan melalui kegiatan ekstra kurikuler pencak silat santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Hidayatullah Karimun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : adakah pengaruh kegiatan ekstra kurikuler pencak silat terhadap kedisiplinan santri Pondok Pesantren Al-Qur'an Hidayatullah Karimun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Regresi Sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket untuk mendapatkan data kedisiplinan siswa, sedangkan untuk mendapatkan nilai kegiatan pencak silat dengan menggunakan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, hasil kegiatan Pencak silat di Pondok Pesantren Al-Qur'an Hidayatullah Karimun termasuk kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata (mean) hasil nilai kegiatan ekstrakurikuler pencak silat sebesar 81,97. Nilai mean tersebut terletak pada interval 81,69 – 89,005 termasuk dalam kategori “cukup”. Kedua, Kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Qur'an Hidayatullah Karimun termasuk kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata (mean) hasil angket tentang kedisiplinan siswa sebesar 82,133. Nilai mean tersebut terletak pada interval 77,73-85,97 termasuk dalam kategori “cukup”. Pengaruh variabel kegiatan ekstra kurikuler Pencak silat (X) terhadap kedisiplinan siswa di Pondok Pesantren Al-Qur'an Hidayatullah Karimun, hal ini dibuktikan dengan: Untuk variabel X terhadap Y Persamaan regresi ?= -11,5+ 1,12X, dan varians garis regresi Freg= 56,80 > Ftabel = 8,10 berarti signifikan, dan Freg= 56,80 > Ftabel = 4,35 berarti signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kegiatan ekstra kurikuler pencak silat terhadap kedisiplinan siswa di Pondok Pesantren Al-Qur'an Hidayatullah Karimun.
References
Baharuddin, (2010). Psikologi Pendidikan: Refleksi Teoretis Terhadap Fenomena, Yogyakarta : ARLUS Meida.
Darmawan, Deni, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Desmita, (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elizabeth B. Hurlock, (1978). Perkembangan Anak, Terj. Meitasari Tjandrasa, Jakarta: Erlangga), hlm. 82
Feist, Jess, & Gregory J. Fiest, (2010). Teori Kedisiplinan, Jakarta: Salemba Humanika.
Hajar, Ibnu, (1996). Dasar-Dasar Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Herdiansyah,, Haris, (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmuilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayat, Roni, (2010). Seni Bela Diri: Pencak Silat, Bogor: PT Regina Eka Utama.
Koentjaraningrat, (1991). Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia.
Martin, F.V, M. Andre Bhaskarra, (2002). Kamus bahasa Indonesia Millennium, Surabaya: karina Surabaya..
Mulyana, (2013). Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawar Sholeh dkk, (2005). Psikologi Perkembangan, Jakarta : Rineka Cipta.
Murhananto, (2003). Menyelami Pencak Silat, Jakarta: Puspa Swara, 2003.
Muslich, Masnur, (2008). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: PT Bumi Aksara
Naharsar, Nur Dyah, (2008). Olahraga Pencak Silat, Jakarta: Ganeca Exact.
Najati, Utsman, (2012). Al-Qur’An dan Ilmu Jiwa, Bandung: Pustaka, 1405 H -1985 M.
Nasution, S., (1992). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.
Notosoejitno, (1997). Khasanah Pencak Silat, Jakarta: Infomedika.
Oetojo, Pandji, (2000). Pencak Silat, Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Sjarkawi, (2014). Pembentukan Kedisiplinan anak peran moral, intelektual, emosional, dan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiono. (2010). Statistik untuk penelitian, bandung: alfabeta.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: alfabeta