OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMASARAN YAYASAN RUPAT UTARA MADANI

OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMASARAN YAYASAN RUPAT UTARA MADANI

Authors

  • Nurul Ajima Ritonga STIT Mumtaz Karimun
  • Robita Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz Karimun

Keywords:

Optimalisasi Sosial Media, Manajemen Pemasaran

Abstract

Sosial media merupakan salah satu produk yang lahir dari perkembangan tehnologi, akses yang mudah membuat sosial media banyak diminati seluruh lapisan masyarakat di era digital saat ini, baik dari masyarakat pedesaan maupun perkotaan, selain digunakan untuk media komunikasi, sosial media juga biasa digunakan oleh suatu organisasi atau instansi untuk membangun reputasi yang baik dan berusaha menarik pehatian masyarakat tanpa terkecuali Yayasan Rupat Utara Madani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi sosial media sebagai sarana pemasaran sekolah yang dilakukan oleh Yayasan Rupat Utara Madani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh dari hasil observasi, wawancara kepada infoman yang dipercaya memiliki informasi tentang penelitian dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Yayasan Rupat Utara Madani menggunakan berbagai sosial media seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook dan Website untuk memasarkan sekolah. Hal ini disebabkan penggunaan sosial media sangat efektif untuk mempersingkat waktu, meminimalisir biaya serta memperluas jangkauan. (2) Pemanfaatan sosial media sebagai sarana pemasaran belum optimal, hal ini dibuktikan dengan postingan yang kurang uptodate dan minimnya postingan tentang informasi sekolah.

Author Biography

Robita, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz Karimun

ok

References

A Imron, M. d. (2003). Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan.
Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. Australa: Pearson Australia.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mantja, W. (2002). Manajemen Pendidikan Dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media.
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. INTIZAM (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) , 1 (2), 79-80.
Nasution, S. (2003). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Neneng Nurmalasari, I. M. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media SosiaL. journal of managementReview , 4 (3), 544.
Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Erlangga.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan,. Jakarta: Prenadamedia.

Downloads

Published

2022-01-07

How to Cite

Ritonga, N. A., & Robita. (2022). OPTIMALISASI SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PEMASARAN YAYASAN RUPAT UTARA MADANI. JURNAL MUMTAZ, 2(1), 16–24. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/45

Issue

Section

JANUARI 2022
Loading...