PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA SISWA DI SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM BATAM
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Pendidikan, KepuasanAbstract
Memasuki era kompetisi dalam pasar global, factor kualitas pelayanan merupakan hal yang mutlak diperlukan. Kondisi tersebut semakin mendorong pemerintah, khususnya dunia pendidikan termasuk pendidikan dasar untuk memberikan kualitas pelayanan maksimal. Pendidikan dasar sebagai suatu lembaga penyedia jasa pendidikan dituntut dapat memberikan pelayanan yang mampu menciptakan kepuasan maksimal kepada orang tua pengguna jasanya, yang pada gilirannya akan mampu mendorong kemajuan pendidikan dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan orang tua siswa di SDI Integral Luqman Al Hakim Batam. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni orang tua siswa kelas V dan kelas VI sebanyak 155 orang. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS16 for Windows. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: variabel kualitas pelayanan pendidikan di SDI Integral Luqman Al Hakim berpengaruh signifikan terhadap kepuasan orang tua siswa
References
Barata, Atep Adya, 2006. Dasar-dasar Pelayanan Prima Gramedia. Jakarta
Hamalik Oemar, 2003. Prinsip-prinsip Manajemen Terjemahan J Mith D. F. M. Badan Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Irawan, A, 2004, 10 Prinsip kepuasan Pelanggan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Kaihatu, TS, 2008, “ Analisa Kesenjangan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan
Kotler, Philip dan Keller, KL, 2007, Manajemen Pemasaran : Edisi Bahasa Indonesia, PT Indeks, Jakarta,
Lupiyoadi, Rambat, 2004 Manajemen Pemasaran Jasa PT Salemba Empat, Jakarta
Nawawi, Hadari, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Badan Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Parasuraman, A, Valerie Zeithaml, and L. Berry, 1988, Servqual Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64
Rochaety, Eti dkk, 2009, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Cetakan Keempat, Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cetakan ke – 11, Penerbit Alfabeta, Bandung
Tilaar, H.A.R, 2002. Membenahi Pendidikan Nasional , PT Rineka Cipta, Jakarta
Tjiptono, F & Chandra, G, 2005. Service Quality & Satisfaction, ANDI, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, 2001, Strategi Pemasaran, Edisi 2, ANDI, Yogyakarta
Qomar, Mujamil, 2007, Manajemen Pendidikan Islam, Penerbit Erlangga, Jakarta
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. BP. Dharma Bhakti Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Zeithaml, Valerie, 1988 “ Consumer Perceptions of Price, Quality and Value : A Means – End Model and Synthesis of Evidence” Journal of Marketing