METODE PENDIDIKAN AKHLAK MAHASISWA
Keywords:
Metode, Ahlak, MahasiswaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam Islam dan bagaimana metode pendidikan akhlak tehadap mahasiswa. Metode penelitian dalam jurnal ini menggunakan metode studi riset kepustakaan (library research), Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis), yakni berupa deskriptif-Analitik dengan sumber utama literatur tentang akhlak. Adapun sumber sekunder terdiri dari artikel, jurnal, dan buku-buku lain yang berkaitan dengan topik pendidikan Akhlak. Hasil penelitiannya bahwa akhlak merupakan suatu keniscayaan, yang diartikan sebagai sifat dan karakter yang ada dalam jiwa yang mendorongnya dalam melakukan suatu perbuatan tanpa dibarengi dengan pertimbangan dan pemikiran. Kerusakan yang menimpa suatu bangsa disebabkan tak mempunyai perhatian terhadap nilai-nilai akhlak dalam kehidupan. Diantara yang perlu diberikan perhatian dalam pendidikan akhlak adalah mahasiswa yang merupakan calon penerus umat, pengganti generasi – generasi di masa mendatang, yang dituntut untuk menggabungkan kemampuan intelektual, spiritual dan akhlak. Jika mahasiswa tak mampu membangun akhlak, maka bagaimana mungkin bisa membangun bangsa. Selain itu mahasiswa juga berperan sebagai agen perubahan yang ada di masyarakat, sehingga dituntut mengaplikasikan ilmu – ilmu tersebut di masyarakat agar kehidupan lebih maju.Dan untuk memaksiamalkan pendidikan akhlak terhadap mahasiswa, diperlukan metode – metode, diantaranya : keteladanan, kisah, pembiasaan, perumpamaan, nasehat dan hukuman.
References
Al Abrasi, M. Athiyah. 1992. Ruhut Tarbiyah Wa Ta’lin, Halab: Daar al-Ihya al-Kutub al-Arabiyah
Al-Abrasy, M Athiyah. 1987. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami Abdul Ghani, Jakarta: Bulan Bintang.
Al-Ashfahani, Raghib. Al-Mufradat fii Gharibil Quran, Mekkah: Maktabah Nizar Musthafa Al-Baz
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. 2005. Ihya Ulumuddin, Beirut: Daar Ibnu Hazm.
Al-Hasyimi, Ahmad. tt. Jawahir al-Adab fii Abyatin wa Insya al-Lughah al-‘Arabi, Beirut: daar al-Kutub li al-Thiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzi’
Al-Maidani, Abdurrahman Hasan Hanbakah.1999. Akhlak al-Islamiyah wa ususuha, Damasqus: Daar al-Qalam.
Al-Nahlawi, Abdurrahman. 1970. Ushul al-Tarbiyah al-IUslamiyah wa Asalibuha fi al-bait wa al-Madrtasah wa al-Mujtama’, terj. Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani Press.
Al-Qaththan, Manna Khalil. 2000. Mabahits fi Ulum al-Qur’an, Kairo: Maktabah Wahbah.
Aly, Hery Noer. 2008. Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani.
Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press
Azizy, A. Qodri A. 2003. Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika sosial, Semarang: Aneka Ilmu.
Bahr Al-Jahidz Abu Utsman bin Amr. 1989. Tahdzibu Akhlak, Thanta: Daar at-Turats lish-Shahabah
Bakar Isma’il, Muhammad. 1991. Dirasat fi Ulum al-Qur’an, Kairo:Dar al-Manar.
Bawani, Imam. 1987. Segi-Segi Pendidikan Islam, Surabaya: Al-Ikhlas.
Cholid, Ifham. 2020. Problematika Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi, Jurnal Tahzhib Akhlak No. V/ I
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke-2, Jakarta: Balai Pustaka.
Dindin, Jamaluddin. 2010. Metode Pendidikan Anak, Bandung: Pustaka Al-Fikri
Fahmi, Asma Hasan. 1977. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Ibrahim Husen, Jakarta: Bulan Bintang.
Hafidhuddin, Didin. 2002. Agar Layar Tetap Terkembang, Jakarta: Gema Insani press.
Hartaji, Damar A. 2012. Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma
Hijazi, Muhammad Mahmud. 1969. Tafsir Al-Wadhih, Beirut: Dar Al-Jir.
Husaini, Adian. 2012. Pendidikan Islam, Membentuk Manusia yang berkarakter dan beradab, Jakarta: Cakrawala Publishing.
Ishomuddin, 2002. Pengantar Sosiologi Agama Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kuntowidjojo, 1991. Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi, Bandung: Mizan.
Mahmud, Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani Press.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Tarbiyah al-khuluqiyah, Jakarta: Gema Insani Press.
Marimba, Ahmad D. 1980. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al Ma'arif.
Marzuki, 2010. Pembentukan Kultur Akhlak Mulia di Kalangan Mahasiswa UNY Melalui Pembelajaran PAI, Jurnal Cakrawala Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan, No. 1
Maskawaih, Ibn. 1934 H. Tahdzib al-Akhlaq wa Tathhir al-Araq, Mesir: al-Mathba?ah al-Mishriyah.
Muchtar, Heri Jauhari.2012. Fikih Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin.2008. Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Papalia, dkk, 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
R. Kamal. 2012. Upaya Mengokohkan Kembali Peran Madrasah sebagai Basis Penanaman Karakter. Forum Tarbiyah, Malang
Ridha, Muhammad Rasyid. tt. Tafsir al-Manar, Jilid I, Beirut: Dar al-Fikr.
Samad, Sri Astuti A. 2020. Pembelajaran Akhlak Tasawuf dan Pembentukan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam, At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol. 12, No. 02, Desember, hlm. 149-162
Siswoyo. Dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
St. Vembriarto, 1994. Kamus Pendidikan, Jakarta: Gramedia Widia Sarana.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Wafa, Abdul. Penguatan Al-Akhlak Al-Karimah Mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), 2008. Tesis Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wahyudi, Tian. 2020. Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda Di Era Disrupsi, TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol.3 No.2 Juli.
Wiyani, Novan Ardi & Barnawi, 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ya’qub, Hamzah. 1985. Etika Islam, Bandung: Diponegoro.
Yaljan, Miqdad. 2003. Kecerdasan Moral: Aspek Pendidikan Yang Terlupakan. Jogakarta: Talenta.
Zuhairini, dkk, 2004. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.