KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI SEKOLAH INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH SURABAYA

KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI SEKOLAH INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH SURABAYA

Authors

  • Muhammad Vriyatna STIT Mumtaz Karimun

Keywords:

Strategi komunikasi, Pemasaran, Jasa, Pendidikan

Abstract

Persaingan di lembaga pendidikan pada saat ini sangatlah ketat dan berat. Tidak hanya sekolah negeri sekarang pun semakin banyaknya bermunculan sekolah-sekolah swasta yang menjadi pesaing dalam merekrut siswa baru. Dalam merekrut siswa baru Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya mengalami naik turun dalam pencapaian target. Terutama untuk unit SMP Putri dan SMP-SMA Fullday yang masih belum pernah mencapai target dari yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Meskipun tim promosi sekolah sudah melaksanakan semua strategi promosi sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui tentang Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru yang dilakukan oleh Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif, dan menggunakan wawancara mendalam kepada Ketua Penerimaan Siswa Baru dan tim promosi yang dipimpinnya. Informan terdiri dari Kabid Akademik, Kepala Humas, Kepala Sekolah TK Yaa Bunayya I, Kepala Sekolah SD, Kepala Sekolah SMP, Kepala Sekolah SMA, dan Ketua STAI Luqman Al-Hakim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan siswa baru yang mendaftar 60% dari promosi internal dan 40% dari promosi external. Promosi internal yaitu dengan menggunakan word of mouth komite sekolah, orang tua siswa itu sendiri, dan menggunakan bantuan dari wali kelas dengan program forum kelas. Sedangkan external yaitu dengan penyebaran brosur, spanduk, baliho, iklan di koran, majalah SAHID, buletin BMH, buletin Luqman Hakim, Kalender, dan media sosial lainnya. Berdasarkan penelitian tersebut maka perlu meningkatkan kualitas tim promosi dalam bidang komunikasi pemasaran dalam merekrut siswa baru dan kualitas produk yang dipromosikan sehingga lembaga pendidikan ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat baik yang ada di Surabaya maupun di luar Surabaya. Selain itu disarankan agar melakukan terlebih dahulu evaluasi kinerja selama satu tahun dalam kegiatan komunikasi pemasaran sekolah sebelum melakukan kegiatan promosi tahun depan dan yang kedua tim promosi lebih solid lagi dalam melakukan promosi sekolah.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Manajemen Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Roesdakarya
Abadi & Saka. (1994). Marketing Public Relations (Upaya Memenangkan Persaingan Melalui Pemasaran Yang Komunikatif). Jakarta: LMFEUI.
Ardianto, Elvinaro dan Erdinaya Lukiati Komala. (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
David, Wijaya. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran, jilid I. Prehalindo.
Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Lexy J, Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moore, Frazier. (2004). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2013). Rekonstruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ruslan, Rosady. (1998). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono, (2012), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : ALFABETA
Shimpi, Terence A. (2000). Periklanan dan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi
Pemasaran Terpadu. Edisi Ke-lima Jilid-1. Jakarta: Erlangga,
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan dan Promosi. Jakarta : Erlangga
Prigunanto, Ilham, (2006), Komunikasi Pemasaran, Bogor: GHALIA INDONESIA
Philip Kotler & Kevin Lane Keller. (2009). Marketing Management. 13th Edition, Jakarta: Erlangga
Dinamika Lembaga Pendidikan, diakses melalui www.al--muhajirien.com, pada tanggal 22 oktober 2013
www.integral.sch.id
www.hidayatullahsby.com
htpp: //.www.managementfile.com

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Vriyatna, M. (2021). KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI SEKOLAH INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM HIDAYATULLAH SURABAYA. JURNAL MUMTAZ, 1(1), 7–17. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/4

Issue

Section

JANUARI 2021
Loading...