PELAKSANAAN PENDEKATAN RESEP DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS III A WHUSTHO PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH KARIMUN
Keywords:
Pendekatan Resep, Pengelolaan KelasAbstract
Tujuan dari penelitian ini Menjelaskan, Menemukan, dan mengetahui dampak pendekatan resep terhadap suasana belajar santri pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas III A whustho di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun. Dalam Melakukan Penulis menggunakan metode observasi lapangan yang mana penulis terlibat langsung dalam penelitian ini dengan melalukan pengelolaan kelas menggunakan pendekatan resep selama Dua Semester mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hasil Penelitian Setelah melakukan pendekatan resep, santri melakukan aktifitas dengan tenang, tidak dipungkiri keriuhan menyelanginya akan tetapi dapat diidentifikasi bahwa keriuhan yang mereka timbulkan adalah reaksi dan interaksi edukatif didalam kelas.
References
Siswanya. Makassar: Fajar
Centra, A. 1990. Strategies For Effective Teaching. (Edisi Terjemahan). New
York: Haper
Gulo, 2013.Suprihatiningrum, hlm. 146 oleh : Thabroni, gamal. Diterbitkan tgl 06 september 2020).
Kartadinata, Sunaryo. 1997. Landasan-landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mudasir, Manajemen Kelas, (Yogyakarta: Penerbit Zanafa Publishing, 2011)
Muslim, Asep. 2003. Undang-undang Sisdiknas. Bandung: Fokus Media.
P O U D dan Dirjen Dikdasmen yang dikutip Rackman 1998/1999. Hal 15 /Rulam Ahmadi, profesi keguruan, Jogyakarta AR-RUZZ Media 2018. Hal 171.
Rachman, Maman. 1997. Manajemen Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rifai, Muh. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan.
Syaifull Bahri Djamarah, Peserta Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. PTRineka Cipta. 2000.
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar .Jakarta: PT Rineka Cipta.2006.
Sobry Sutikno , M. Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul. (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008),
Suranto. 2005. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.
Work shop, Unindra. 2012/2013. Definisi pendekatan, Diterbitkan tgl 29 oktober 2012.
Zahrah lailatul, 2015. Pengelolaan kelas-tasyri. Nomor PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam Vol.13, No.1, April 2018