EFEKTIVITAS MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK PRIBADI YANG ISLAMI: BAHASA INDONESIA

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK PRIBADI YANG ISLAMI

BAHASA INDONESIA

Authors

  • AHMAD Pondok Pesantren Darul Hikmah (PPDH) Soncolela Kota Bima

Keywords:

Manajemen Kurikulum,Pendidikan Islam.

Abstract

Islam memandang, bahwa pendidikan merupakan usaha yang paling strategis untuk mengangkat harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang mulia. Melalui pendidikan berbagai potensi basyariyah, insaniyah, dan al-nas yang dimiliki manusia dapat diberdayakan secara optimal sehingga ia dapat melaksanakan fungsinya sebagai khalifah di muka bumi dalam rangka ibadah kepada Allah SWT. Dalam melaksanakan misi Islam dalam bidang pendidikan sebagai mana tersebut, keberadaan kurikulum memegang peran yang amat penting.Kurikulum pendidikan Islam harus dikembangkan sesuai dengan tujuan pendidikan Islam itu sendiri, yaitu meciptakan generasi yang berakhlak mulia, yang mampu menyeimbangkan antara iman, ilmu dan amal.Maka untuk mewujudkan tujuan pendidikan Islam tersebut, para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan Islam harus mampu memanage kurikulum dengan efektif, kratif, dan inofatif.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yakni melalui penelusuran kepustakaan.Kajian difokuskan pada konsep teor-teori tentang manajemen kurikulum pendidikan Islam berdasarka al-Qur?an dan hadits. Sedangkan data sekunder diambil dari karya orang lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analitis dan membandingkan dengan pendapat tokoh lain atau komparasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum pendidikan Islam sangat sesuai dengan kebutuhan manusia sebagai individu maupun kebutuhan manusia sebagai mahkluk sosial.Yakni mampu membentuk pribad-pribadi yang islami.Dimana dalam kurikulum pendidikan Islam mementingkan aspek pribadi termasuk bakat, minat peserta didik kecerdasan akal dan intelektual kemudian mengajarkan aspek sosial dalam hubungannya dengan masyarakat, ketaatan pada hukum dan aturan yang berlaku yang kesemuanya sesuai dengan al-Quran dan Hadits.

References

Majid,Abdul.Majid dan Andayani,Dian. (2004).Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Abdullah, Abdur Rahman Shalih. (1991).Landasan dan Tujuan pendidikan menurut al-Quran serta implementasinya, terj. Mutammam, cet. ke-1, Bandung: Diponegoro.
Nata,Abuddin. (2010).Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tafisir,Ahmad. (1994).Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Nurhayati,Anin. (2010).Kurikulum Inovasi Telaah terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Yogyakarta: Teras.
Draft UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Mulyasa,H.E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marno danSupriyatno, Triyo. (2008).Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: PT. Refika Aditama.
Fitriani,Mohamad Iwan. (2015).Manajemen Pendidikan Islam, Mataram: Institut Agama Islam (IAIN) Mataram.
Muhaimin. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam; Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT. RajaGrafondo Persada.
. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Muliyasa (2007).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ilyas, Mukhamad dan Nurhayati,Nanik. (2012).Manajemen Pendidikan Islam, Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Arifin, Muzayyin. (2014). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik,Oemar. (1993).Evaluasi kurikulum, cet. ke-2, Bandung: Remaja Rosdakarya.
al-Syaibani,Omar Mohammad al-Taomy. (1984).Falsafah Pendidikan Islam, penerj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.
Nasution, S. (1991).Pengembangan Kurikulum, Bandung: Citra Aditya Bakti.
al-Attas, Syed M. Naquib. (1980).The Concept of Education In Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Educaton, Malaysia : ABIM.
Hidayati, Wiji. (2012). Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Pedagogia.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

AHMAD, A. (2022). EFEKTIVITAS MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK PRIBADI YANG ISLAMI: BAHASA INDONESIA. JURNAL MUMTAZ, 2(2), 113–131. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/68

Issue

Section

JULI 2022
Loading...