PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HAFALAN MUFRADAT SISWA KELAS V SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM TAHUN AJARAN 2021-2022
BAHASA INDONESIA
Keywords:
media gambar, teknik meyimak, hafalan mufrodatAbstract
Dalam proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Penentuan metode mengajar akan mempengaruhi media pembelajaran yang akan digunakan. Demikian pula dalam penerapan media pembelajaran, pendidik harus memperhatikan perkembangan jiwa anak atau tingkat daya pikir anak didik, untuk mrncapai sebuah kesuksesan. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media gambar dalam meningkatkan hafalan mufradat siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan hafalan mufradat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas V di SDI Integral Luqman Al Hakim 02 Batam
References
An, Al- Q U R, and D A N Al. “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur ’ an Dan Al-.”
Bangun, Elmiyanti. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Tunarungu Melalui Media Flash Card.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 1(3).
Effendy, Ahmad Fuad. 2005. “Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.” Malang: misykat 35.
Hanisah, Hanisah. 2016. “Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare.”
Hayati, Ulfi. 2021. “Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MIN.” Jurnal At-Tarbiyah 7(2): 215–25.
Hilmi, Hilmi. 2017. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Lantanida Journal 4(2): 128–35.
Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Pnerbit Ombak.
Moleong, Lexi J, and PRRB Edisi. 2004. “Metodelogi Penelitian.” Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Muhtiara, Gilang Ayu. 2014. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS: Studi Kuasi Experimen Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas 1 SD Negeri Setu Kulon 2 Kabupaten Cirebon.”
Nurhayati, Lias Hasibuan, Kemas Imron Rosyadi. 2021. “Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(10): 2013–15.
Nurhayati, Afrizawati, and Yandra Rivaldo. 2021. “Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Guru MAdrasah Ibtidaiyah 5: 49–58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.
Nurhayati, Nur Hayati. 2021. “Filsafat Ilmu Peranan Filsafat Ilmu Untuk Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan.” TASAMUH: Jurnal Studi Islam 13(2): 345–58.
Nurhayati, Nurhayati. 2021. “Manajemen POACH Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Luring Di SDII Luqman Al Hakim Batam.” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan 13(2): 381–94.
Nurhayati, Nurhayati, and Kemas Imron Rosadi. 2022. “DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM : SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ).” 3(1): 451–64.
Qibtiyah, Mariyatul, and Walfajri Walfajri. 2020. “Pengajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 22(01): 71.
Safitri, Wahyu. 2021. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM.” JURNAL AS-SAID 1(2): 52–59.
Sholihah, Sholihah. 2017. “Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat.” Tarling: Journal Of Language Education 1(1): 62–76.
Unsi, Baiq Tuhfatul. 2014. “Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 2(1): 26–44.
Wahid, Abdul. 2018. “Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.” Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 5(2).