UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MTs HIDAYATULLAH TANJUNG MAROWA: Bahasa Indonesia

UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MTs HIDAYATULLAH TANJUNG MAROWA

Bahasa Indonesia

Authors

  • Ahmad Yani Ahmad Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun
  • Farhan Fadhlullah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mumtaz Karimun

Keywords:

Upaya Kepala Sekolah, Meningkatkan, Sarana Prasarana

Abstract

Sistem pendidikan merupakan rangkaian-rangkaian dari sub system atau unsur-unsur pendidikan yang saling terkait dalam mewujudkan keberhasilannya. Proses pendidikan dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Agar tujuan pendidikan tersebut dapat dicapai maka perlu diperhatikan segala sesuatu yang mendukung keberhasilan tujuan pendidikan itu. Dari sekian faktor penunjang keberhasilan tujuan pendidikan, kesuksesan dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dominan. Untuk itu sangat perlu dalam proses pembelajaran itu diciptakan suasana yang kondusif agar peserta didik benar-benar tertarik dan antusias untuk mengikuti proses itu. Dalam kaitannya dengan usaha menciptakan suasana yang kondusif itu sarana dan prasarana pendidikan memegang peranan yang sangat penting. Sehingga baik buruknya manajemen sarana dan prasarana pendidikan akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Keberadaan sarana prasarana seringkali dijadikan salah satu parameter keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Sehingga setiap lembaga pendidikan berlomba-lomba dalam meningkatkan kuantitas maupun kualitas sarana prasana masing-masing. Dalam tulisan ini memabahas tentang Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di MTs Hidayatullah Tanjung Morawa. Penelitiam ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan terdapat upaya-upaya yang dilakukan adalah dimulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan sarana prasarana pendidikan di MTs Hidayatullah Tanjung Marowa.

References

Baharuddin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam tranformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul.Malang: UIN-press.
Barnawi dan M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Departemen Agama RI. 1968. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: CV. Asy-Syifa.
Gunawan Ary. 2002. Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro). Jakarta: Rineka Cipta.
Husaini Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Ibrahim Bafadal. 2004. Manajemen Perlengkapan Madrasah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ibrahim Bafadal. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Salim. 2018. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Suharsimi Arikunto. 2006. Proses Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Syafaruddin dan Asrul. 2015. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka Media.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Ahmad Yani, A. Y., & Farhan Fadhlullah, F. F. (2022). UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MTs HIDAYATULLAH TANJUNG MAROWA: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 2(2), 150–161. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/63

Issue

Section

JULI 2022
Loading...