PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SMK HIDAYATULLAH BATAM (Pendidikan Vokasi Berbasis Pondok Pesantren): BAHASA INDONESIA

PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SMK HIDAYATULLAH BATAM (Pendidikan Vokasi Berbasis Pondok Pesantren)

BAHASA INDONESIA

Authors

  • AMRI UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • MUDATSIR UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Pendidikan Karakter, Islam, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: nilai-nilai karakter, proses penanaman, faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa SMK Hidayatullah Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik interviu, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis interaktif model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) Nilai-nilai yang ditanamkan di SMK Hidayatullah adalah nilai-nilai karakter Islam berbasis pondok pesantren; (2) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di SMK Hidayatullah melalui konteks mikro dan konteks makro. Konteks mikro: integrasi nilai karakter dengan setiap mata pelajaran dan muatan lokal, budaya sekolah, dan kegiatan pengembangan diri. Konteks makro: keluarga, sekolah dan masyarakat; dan (3) Faktor pendukung dan pengambat: (a) faktor pendukung: SMK Hidayatullah mempunyai SDM yang memadai, siswa SMK Hidayatullah mayoritas di pondok pesantren, adanya sinergitas antara lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (b) faktor penghambat: terbatasnya sarana dan prasarana, perbedaan pemahaman, belum adanya satu pondok pesantren, apatisme masyarakat terhadap SMK berbasis pondok pesantren.

References

As’ad, A. (2007). Terjemah ta’limul muta’allim; bimbingan bagi penuntut ilmu pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.
Badan Pusat Statistik. (2012). Pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan 2004-2013. Diakses pada tanggal 3 Juli 2013, dari http:// bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabe l=1&daftar=1&id_subyek=06&notab=4.
Creswell, J.W. (1994). Reserach design quali- tative & quantitative approaches. Cali- fornia: Sage Publications.
“pendekatan kualitatif,kuantitatif, dan mixed”. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. 1. (Buku Asli diterbitkan 2009).
Depag RI. (1984). Al-Qur?an dan terjemah- annya. Jakarta: Departemen Agama RI.
Depdiknas. (2002). Kamus besar bahasa In- donesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Dhofier, Z. (1982), The pesantren tradition, the role of the kyai in the maintenance of tranition islam in java. Arizona State University: Program for Southeast Asi- an Studies Uniten Stated of America.
Echols, J.M. & Shadily, H. (1996). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Grame- dia
Ilahi, A. (24 Maret 2013). Paham keagamaan menurut Nahdhatul Ulama?. Diambil pada 27 Maret 2013, dari http://www. nu.or.id/a,public-m,static-s,detail- lang,id-ids,1-id,7-t,paham+keagamaan-
.phpx.
Kemdiknas. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter (berdasarkan pe- ngalaman di satuan pendidikan rintis- an). Jakarta: Balitbang Puskurbuk.
Kemenag Kota Batam. (2022). Data pondok pesan tren Kota Batam tahun 2022. Sekupang: Kemenag Kota Batam.
Krathwohl, D.R., Bloom, B.S., and Masia,
B.B. (1964). Taxonomy of educational objectives: handbookII: affective do- main. New York: David McKay Co.
Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our childen develop good judgment, integrity

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

AMRI, K. A., & MUDATSIR, M. (2022). PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SMK HIDAYATULLAH BATAM (Pendidikan Vokasi Berbasis Pondok Pesantren): BAHASA INDONESIA. JURNAL MUMTAZ, 2(2), 91–104. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/59

Issue

Section

JULI 2022
Loading...