TANGGUNG JAWAB LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMPERBAIKI MORAL BANGSA (STUDI ANALISIS TUJUAN PENDIDIKAN DALAM UU NOMOR 20 TAHUN 2003)

TANGGUNG JAWAB LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMPERBAIKI MORAL BANGSA (STUDI ANALISIS TUJUAN PENDIDIKAN DALAM UU NOMOR 20 TAHUN 2003)

Authors

  • Mohammad Ramli Ramli STIT Hidayatullah Batam
  • Siti Nur Mawaddah Mawaddah STIT Hidayatullah Batam

Keywords:

Lembaga Pendidikan Islam, UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, Tanggung Jawab, Moral

Abstract

Lembaga pendidikan Islam merupakan suatu keberhasilan pendidikan sebagai wadah dimana Pendidikan dalam ruang lingkup ke-Islaman seperti keluarga, masjid, pondok pesantren, madrasah dan perguruan tinggi Islam merupakan lembaga-lembaga pendidikan Islam yang mutlak diperlukan di suatu negara secara umum atau disebuah kota secara khususnya dalam jalur pendidikan informal, nonformal dan formal. Berdasarkan tujuan pendidikan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional yakni; iman, takwa, akhlak mulia, cakap, kreatif, mandiri, warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab memberikan tujuan yang diharapkan dalam memperbaiki moral bangsa.Tanggung jawab pendidikan Islam menetapkan di dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 bahwasannya pendidikan Islam dan Lembaga Pendidikan Islam memiliki wewenang yang lebih luas untuk berkontribusi dalam mengarahkan manusia ke arah yang di cita-cita umat Islam untuk mencetak daya manusia yang berkualitas dan mantap dalam aqidah ke Islaman.

References

Abdullah, M.K. 2012. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Sandro Jaya. Cet. 1
Agustin, Aat dan Wawan Kurniawan. 2017. Pendidikan Karakter untuk Perguruan Tinggi. Jawa Barat: LovRinz Publishing. Cet. 1
Ali, Mohammad Daud. 2013. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers. Cet. 1
Daulai, Afrahul Fadhila. 2017. Tanggung Jawab Pendidikan Islam, al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Konseling. Medan: UNIMED
Daulay, Haidar Putra. 2019. Pendidikan Islam Di Indonesia: Historis dan Eksistensinya. Jakarta: Kencana. Cet. 1
Hidayat, Rahmat. 2016. Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: LPPI Press. Cet. 1
Himpunan Perundang-Undangan RI, 2010. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Beserta Penjelasannya. Bandung: Nuansa Aulia. Cet. 6
Junaid, Hamzah. 2012. Sumber, Azas Dan Landasan pendidikan: Kajian Fungsional Secara Makro dan Mikro Terhadap Rumusan Kebijakan Pendidikan Nasional, Jurnal Pendidikan Sulesana, Vol. 7 (2)
Neoloka, Amos dan Grace Amialia A. Neoloka. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana. Cet. 1
Nurhadi dan Muhammad Irhamuddin Harahap. 2020. Konsep Tanggung Jawab Pendidik dalam Islam. Pekanbaru: Guepedia, Cet. 1
Patoni, Achmad. 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bina Ilmu. Cet. 1
Ramyulis. 2015. Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Cet. 4
Ribiatul Awwaliyah dan Hasan Baharuan,…, Vol. 19, No.1, hal. 41
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam “Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarg, dan Masyarakat”. Yogyakarta: LkiS Printing Cemerlang, Cet. 1
Rosyadi, Rahmat. 2011. Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Bogor: UIKA. Cet. 2
Sanaky, Hujair AH. 2003. Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press. Cet. 1
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Cet. 26
Tirtarahardja, Umar dan S L La SAulo. 2005. Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta. Cet. 1
Ulwan, Abdullah Nashih. 1990. Pendidikan Anak Menurut Islam: Mengembangkan Kperibadian Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. 1
Zaini, Syahminan. 1986. Prinsip-Prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. Cet. 1
Zed, Mestika. 2008. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayaysan Obor Indonesia. Cet. 1

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Ramli , M. R. ., & Mawaddah , S. N. M. . (2022). TANGGUNG JAWAB LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMPERBAIKI MORAL BANGSA (STUDI ANALISIS TUJUAN PENDIDIKAN DALAM UU NOMOR 20 TAHUN 2003). JURNAL MUMTAZ, 2(2), 77–90. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/57

Issue

Section

JULI 2022
Loading...