LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
Bahasa Indonesia
Keywords:
Manajemen, Sekolah, Dampak PositiveAbstract
Dampak positif keberhasilan manajemen berbasis sekolah ini adalah model manajemen yang memberikan hak otonomi kepada sekolah untuk mangatur sekolahnya secara mandiri. Kemandirian itu merupakan tanggung jawab yang diberikan kepada kepala sekolah agar dapat menumbuhkan kemajuan sekolah tersebut yang dipimpinya. Dalam pelakasanaan manajemen berbasis sekolah ini membutuhkan pemahaman yang luas terkait dengan dampak-dampaknya. Jurnal ini mengambil metode library, dan jurnal ini bertujuan untuk membahas beberapa dampak positive terhadap manajemen berbasis sekolah yaitu dengan adanya desentralisasi pendidikan yang ditandai dengan adanya kewenangan pengambilan keputusan yang lebih luas ditingkat sekolah dan juga partisipasi masyarakat yang lebih tinggi dalam ranggka kebijakan pendidikan nasional. Otonomi daerah juga telah mendorong dilakukannya penyesuaian diri dari pola lama menuju pola baru manajemen pendidikan masa depan yang lebih bernuansa otonomi dan yang lebih demokratis. Kebijakan ini diterapkan pemerintah dalam kerangka meningkatkan mutu pendidikan diindonesia, salah satu bentuk kebijakan itu adalah perubahan dalam manjemen pendidikan.
References
Amstrong, David G. (2003). Curriculum Today. New Jersey: Merril Prentice Hall.
Bureau of Curriculum and Instruction Connecticut State Department of Education. (2007). Guide to Curriculum Development: Purposes, Practices, Procedures. (Online). (http://www.sde.ct.gov/sde/cwp/view.asp?a=2618&q=321162, diakses 28 Oktober 2007).
Deutsch, Nellie. (2004). Personal Educational Philosophy Statement. (Online). (http://www.nelliemuller.com/Personal.Education.Philosophy.Statement. (htm, diakses 28 Oktober2007).
Dzaujak Ahmad, (1996). Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.
Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.
Kneller, George F. (2000). Foundations of Education. New York: John Willey & Son Inc.
Oliva, Peter F. (1992). Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publisher.Gayatri rama hidayanti, Sumarno, S. H. (2024). MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKANDI SD NEGRI 001 KARIMUN. Mumtaz, 4(2), 119–128.
Hartono, Rudi, Yani, Ahmad, Hidayah, H. (2024). STRATEGI PENGASUH DALAM MENINGKATKANKARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTRENA R-RAUDHAH. Mumtaz, 4(2), 102–111.
Hidayah, H. & S. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Mumtaz, 3(2), 117–126.
Vika, Sari, Zulaekah, S. H. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKANKUALITASLAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 1 KARIMUN. Mumtaz, 4(2), 97–101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sari Mahwati Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
