LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM: Bahasa Indonesia

LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

Bahasa Indonesia

Authors

  • Sari Mahwati Hasibuan Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

Keywords:

Manajemen, Sekolah, Dampak Positive

Abstract

Dampak positif keberhasilan manajemen berbasis sekolah ini adalah model manajemen yang memberikan hak otonomi kepada sekolah untuk mangatur sekolahnya secara mandiri. Kemandirian itu merupakan tanggung jawab yang diberikan kepada kepala sekolah agar dapat menumbuhkan kemajuan sekolah tersebut yang dipimpinya. Dalam pelakasanaan  manajemen berbasis sekolah ini membutuhkan pemahaman yang luas terkait dengan dampak-dampaknya. Jurnal ini mengambil metode library, dan jurnal ini  bertujuan untuk  membahas beberapa dampak positive terhadap manajemen berbasis sekolah yaitu dengan adanya desentralisasi pendidikan yang ditandai dengan adanya kewenangan pengambilan keputusan yang lebih luas ditingkat sekolah dan juga partisipasi masyarakat yang lebih tinggi dalam ranggka kebijakan pendidikan nasional. Otonomi daerah juga telah mendorong dilakukannya penyesuaian diri dari pola lama menuju pola baru manajemen pendidikan masa depan yang lebih bernuansa otonomi dan yang lebih demokratis. Kebijakan ini diterapkan pemerintah dalam kerangka meningkatkan mutu pendidikan diindonesia, salah satu bentuk kebijakan itu adalah perubahan dalam manjemen pendidikan.

References

Amstrong, David G. (2003). Curriculum Today. New Jersey: Merril Prentice Hall.

Bureau of Curriculum and Instruction Connecticut State Department of Education. (2007). Guide to Curriculum Development: Purposes, Practices, Procedures. (Online). (http://www.sde.ct.gov/sde/cwp/view.asp?a=2618&q=321162, diakses 28 Oktober 2007).

Deutsch, Nellie. (2004). Personal Educational Philosophy Statement. (Online). (http://www.nelliemuller.com/Personal.Education.Philosophy.Statement. (htm, diakses 28 Oktober2007).

Dzaujak Ahmad, (1996). Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.

Kneller, George F. (2000). Foundations of Education. New York: John Willey & Son Inc.

Oliva, Peter F. (1992). Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publisher.Gayatri rama hidayanti, Sumarno, S. H. (2024). MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKANDI SD NEGRI 001 KARIMUN. Mumtaz, 4(2), 119–128.

Hartono, Rudi, Yani, Ahmad, Hidayah, H. (2024). STRATEGI PENGASUH DALAM MENINGKATKANKARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTRENA R-RAUDHAH. Mumtaz, 4(2), 102–111.

Hidayah, H. & S. (2023). MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Mumtaz, 3(2), 117–126.

Vika, Sari, Zulaekah, S. H. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKANKUALITASLAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMAN 1 KARIMUN. Mumtaz, 4(2), 97–101.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Sari Mahwati Hasibuan. (2025). LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 5(1). Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/211
Loading...