IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS LIFE SKILLS BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70936/stitmumtaz.v4i2.188Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, implementasi, serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan berbasis life skills di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo. Pendidikan ini bertujuan membekali santri dengan keterampilan untuk menghadapi tantangan masyarakat setelah lulus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta uji keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan life skills di pondok ini meliputi personal skills (ibadah), social skills (kegiatan harian dan organisasi), academic skills (pendidikan keagamaan, khidmah, dan muhadharah), serta vocational skills (program ekstrakurikuler). Faktor pendukung meliputi minat santri, fasilitas, dan biaya kegiatan, sementara faktor penghambatnya meliputi kurangnya disiplin santri, peralatan hilang, dan waktu terbatas. Implementasi pendidikan ini sangat efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan santri.
References
Abdul Majid (2020) Perencanaan Pembelajaran. Remaja Roskarya.
Abubakar, R. (2020) Pengantar Metodologi Penelitian, Antasari Press. Yogyakarta: SUKA Press - UIN Sunan Kalijaga. Available at: https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf.
Akhadiyah, D. D., Ulfatin, N., & Kusumaningrum, D.E. (2019) ‘Muatan Life Skills Dalam Kurikulum 2013 Dan Manajemen Pembelajarannya’, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(3), pp. 107–113.
Effendi, M. (2021) ‘Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Dalam meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam.’, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), pp. 39–51.
Fudliyana, A.N. and Susilo, S. (2023) ‘Prosiding Seminar Nasional’, 8(02), pp. 127–134
Gufron, S., & Haris, I. (no date) ‘Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa Kabupaten Gorontalo’, p. 11.
Hardani et al. (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitaif.
Hidayah, Hikmatul, N. R. (2022). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI PONPES DARUL HIJRAH KARIMUN. Mumtaz, 2(1), 30–49. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/46/31
Hidayah, H. (2024). Zonasi, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Karimun, PPDB Di SMA Negeri 4. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, XII(April), 20–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/12874/6706
Hidayah, H. & S. (n.d.). MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Jurnal Mumtaz, Volume 3.(No 2), 117–126. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/145/102
Lestari, R. N., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022) ‘Analsisi Kebijakan Pendidikan Karakter pada Sekolah dan Madrasah’, 5, p. 7.
Mamik (2014) Metodologi Kualitatif, Penerbit Zifatama Publisher. Surabaya: Zifatama Publisher.
Mizal, B., & Dewi, R. (2021) ‘Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Teamwork Pembelajaran Di Mas Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar’, Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar-Raniry, p. 12.
Mulyatiningsih, E. (2023) Metode Penelitian Dasar untuk Penulisan Tugas Akhir di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Relasi Inti Media.
Munastiwi, M.A.& E. (2021) ‘Kreativitas Guru dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19’, ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), p. 37.
Murniyanto dkk (2024) ‘Problematika Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pelajaran’, DIRASAH, 7(1), pp. 2621–2838.
Nasution, A.F. (2023) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.
Nindi Aliska Nsution (2020) ‘Lembaga Pendidikan Islam Pesantren’, Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(1), pp. 36–52. Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.36-52.
Putri Nurlela Sari dkk (2023) ‘Pengelolaan Life Skill Dalam Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pangandaran’, Belalek: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Journal Of Community Services), 1(1), pp. 1–9.
Rohmanasari (2019) ‘Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perkembangan Life Skills Siswa Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), p. 385. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15009.
Sahir, S.H. (2022) Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia. Sandu Siyoto, SKM,
M.K. and M. Ali Sodik, M. a. (2015) ‘Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1’, Dasar Metodologi Penelitian, pp. 1–109.
Soeprihadi, N.R. (2021) ‘Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skill Santri’, Jurnal Kajian Islam Al Kamal, 1(1), p. 18.
Suseno, N. dan G.P. (2024) Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat: Transformasi Sumber Daya Manusia dalam Pembangunan Berkelanjutan di Era Digital. Cetakan Pe. Cibeusi: CV. Mega Press Nusantara.
Waruwu, M. (2023) ‘Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method)’, Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), pp. 2896–2910.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Malikul Habsi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.