PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILM AL-ASHWAT SISWA KELAS V SDII LUQMAN AL-HAKIM BATAM
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70936/stitmumtaz.v4i2.186Keywords:
metode Ummi, pembelajaran Ilm-Ashwat.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan pembelajaran ilm al-ashwat siswa kelas V SDII Luqman Al-Hakim Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa kelas V yang kurang terhadap ilm al-ashwat. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik snowball sampling dan purpossive sampling. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam peneltian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pembelajaran ilm al-ashwat telah meningkat setelah menerapkan Metode Ummi. Dan dengan diterapkannya Metode Ummi dapat memberikan pemahaman kepada siswa mengenai bagaimana kemahiran dalam berbahasa Arab khususnya dalam penyebutan mufrodat atau kosa kata.
References
Al-Faruqi, Ismail Raji, and Lois Lamya Al-Faruqi. 2003. “Atlas Budaya Islam, Terj.” Ilyas Hasan (IV). Bandung: Penerbit Mizan.
Arif, Moh. 2014. “Konsep Dasar Pembelajaran UMMI Di Sekolah Dasar.”
Baroroh, R Umi, and Fauziyah Nur Rahmawati. 2020. “Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 9(2): 179–96.
Bulkisah, Bulkisah. 2012. “Pembelajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Didaktika 12(2).
Creswell, John W. 2015. Research Design?: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. 4th ed. London: SAGE Publications Ltd.
Fatoni, F, and N Nurhayati. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hafalan Mufradat Siswa Kelas V Sdi Integral Luqman Al Hakim 02 Batam Tahun ….” Jurnal Mumtaz 2(2): 105–12. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/67%0Ahttp://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/download/67/51.
Fatoni, Fatoni, and Nurhayati Nurhayati. 2022. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HAFALAN MUFRADAT SISWA KELAS V SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM TAHUN AJARAN 2021-2022: BAHASA INDONESIA.” Jurnal Mumtaz 2(2): 105–12.
Fidri, Muhammad, Muhammad Suib, and Domi Saputra. 2022. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” JURNAL AS-SAID 2(1): 138–48.
Hidayah, Hikmatul. & Sumarno. “MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN.” Jurnal Mumtaz Volume 3.(No 2): 117–26. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/145/102.
Hidayah, Hikmatul. 2024. “Zonasi, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Karimun, PPDB Di SMA Negeri 4.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan XII(April): 20–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/12874/6706.
Hidayah, Hikmatul, and Mawaddah Hidayat. 2023. “Hubungan Kemampuan Manajemen Kelas Dengan Aktivitas Belajar Siswa Di Mis Al-Washliyah Kualuh Leidong.” Jurnal mumtaz sekolah tinggi ilmu tarbiyah (stit) mumtaz karimun 3(1): 21–31. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/92/75
Marlina, Lina. 2019. “Pengantar Ilmu Ashwat.” Bandung: Fajar Media.
Mufidah, Nuril, and Imam Zainudin. 2018. “Metode Pembelajaran Al-Ashwat.” Al Mah?ra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4(2): 199–217.
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN-Maliki Press.
Nasution, Julita Sari. 2022. “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII SMPIT FAJAR ILAHI BATAM.” JURNAL AS-SAID 2(1): 100–115.
Nurhayati, Nurhayati, and Kemas Imron Rosadi. 2022. “DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM?: SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ).” 3(1): 451–64.
RAHMANI, AISYAH, Indi Hik Salistia, and Najwa Hizriani. 2023. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4(1): 1–11.
Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press.
Safitri, Wahyu. 2021. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM.” JURNAL AS-SAID 1(2): 52–59.
Saputra, Domi, and Muhamad Fidri. 2022. “PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PENGUASAAN KOSA KATA.” JURNAL AS-SAID 2(1): 127–37.
Sholihin, Muhammad Nur. 2020. “Peran Ilmu Al-Ashwat Dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan).” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 3(2): 110–27.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cet. 22. Bandung: Alfabeta.
Suib, Muhammad. 2022. “ESENSI DAN SEBAB KESULITAN BERBAHASA ARAB SERTA PENANGANANNYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN.” JURNAL TA’LIMUNA 1(1): 84–91.
Suib, Muhammad, Domi Saputra, and Muhammad Fidri. 2022. “STRATEGI PEMBELAJARAN BERDASARKAN UNSUR-UNSUR BAHASA ARAB.” JURNAL AS-SAID 2(1): 149–61.
Syafrawi, Aziz Syafrudin, and Hasan Saefuloh. 2014. “Pembelajaran Tata Bunyi (Ashwat) Bahasa Arab.” El-Ibtikar 3: 2–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mukhammad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.