STRATEGI PENGASUH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTRENA R-RAUDHAH
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70936/stitmumtaz.v4i2.181Keywords:
Strategi Pengasuh, Karakter Disiplin, SantriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan mendiskripsikan perencanaan strategi dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Ar-Raudhah. (2) Mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan strategi dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Ar-Raudhah. (3) Mengetahui dan mendiskripsikan evaluasi strategi dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Ar-Raudhah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek yang diteliti adalah santri di Pondok Pesantren Ar-Raudhah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif milik Michael Huberman yang meliputi empat tahapan yaitu, reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Perencanaan strategis, melalui a) Membentuk kepengurusan santri b) Pembagian tugas dan tanggung jawab, c) Pengesahan tata tertib dan peraturan untuk diinformasikan kepada seluruh santri. (2) Pelaksanaan strategi yang dilakukan adalah a) Pembiasaan melalui program kegiatan, b) Melalui keteladanan dari pengasuh pondok pesantren sampai dengan pengurus santri, c) Penerapan tata tertib dan hukuman (sanksi) untuk meningkatkan karakter disiplin santri, (3) Evaluasi strategi yang dilakukan adalah dengan diadakannya rapat, guna membahas hasil kinerja dari pelaksanaan dan mengevaluasi tingkat keberhasilan program kerja kepengurusan dalam meningkatkan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Ar-Raudhah.
References
Ahmad, Y. (n.d.). MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)DANLEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Mumtaz, Volume 3(No.2), 150–158.
Barun, Hasan dan Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlak Subject Trought Problem Based Learning. Jurnal Tadris, Vol 3, No 1.
Darussalam, A. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. In Tesis. UIN Alauddin Makassar.
Dwi, Nuraini. “Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2023.
Farida, Ifa Nur. “Peran Pengurus Pesantren Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren As-Syafi’Iyah Sukorejo Bangsalsari Jember.” Intitut Agama Islam Negeri Jember, 2018.
Hidayah, Hikmatul, N. R. (2022). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI PONPES DARUL HIJRAH KARIMUN. Mumtaz, 2(1), 30–49. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/46/31
Hidayah, H. (2024). Zonasi, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Karimun, PPDB Di SMA Negeri 4. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, XII(April), 20–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/12874/6706
Hidayah, H. & S. (n.d.). MANAJEMEN PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN. Jurnal Mumtaz, Volume 3.(No 2), 117–126. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/145/102
Junaedi, Dedi. “Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Aktivitas Keagamaan (Studi Deskriptif Analitik Di SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Kota Sukabumi).” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.
Kurniasih, Imas. Pendidikan Karakter Internalisasi Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. (Jakarta: Kata Penaa, 2017), n.d.
Mu’min, F. (n.d.). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. (Yogyakarta: Arruz Media 2016).
Quthub, Muhammad. Minhadju Al-Tarbiyah Al-Islamiyah. Kairo: Dar al-Syuruq, 1993.
Tohari, Heri. Al-Qur’an Asyifaa’. Kiarocondong Bandung, Jawa barat: Sygma Creative Media Corp., 2019.
Yatminiwati, Mimin. Manajemen Strategi: Buku Ajar Perkuliahan Bagi Mahasiswa. Widya Gama Press. Lumajang,JawanTimur: Widya Gama Press, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rudi Hartono, Ahmad Yani; Hikmatul Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.