PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL : PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN: Bahasa Indonesia

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL : PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Bahasa Indonesia

Authors

  • Siti Hawa,S.H.I.,S.Pd.I.,M.Pd hawa STIT MUMTADZ KARIMUN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan  kepala sekolah dalam membentuk  karakter peserta didik di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi . Sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah beserta guru pada madrasah Ibtidaiyah An-Najah Syekh Silau Desa Silo Lama Dusun VI Kabupaten Asahan. Adapun  teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam  penelitian ini yaitu menggunakan teknik reduksi, display data dan penyimpulan data hasil penelitian. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan  kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Najah Syekh Silau dalam membina pendidikan karakter peserta didik di era digital saat ini yaitu dengan menanamkan beberapa pendidikan karakter sejak dini seperti pembentukan karakter religius, kedisiplinan, kejujuran, toleransi, kerja keras, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air tanggung jawab, serta peduli lingkungan yang tujuannya adalah untuk  menanamkan nilai-nilai moral yang mulai luntur di lingkungan anak-anak akibat pengaruh teknologi yang mereka dapatkan saat ini, sehingga jika penanaman moral/karakter ini ditanamkan sejak dini  diharapkan anak-anak di masa yang akan datang mempunyai moral yang baik, karena apabila hal ini dibiarkan sejak kecil maka akan mungkin mengahancurkan generasi-generasi muda pada masa yang akan datang . Adapun strategi yang dilakukan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Najah Syekh Silau adalah  membuat peraturan serta kebijakan-kebijakan yang dapat mengontrol perkembangan anak didik seperti tidak membawa HP ke sekolah kecuali untuk keperluan pembelajaran dan jika masih didapati siswa yang membawa hp pada saat jam pelajaran maka sekolah membuat aturan berupa penarikan HP dan menyerahkannya kepada orang tua.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. urnal Prakarsa Paedagogia, 22.

Ajmain a, 1. M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial Vol. 16 No. 1 Tahun 2019| 109 – 123, 110.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 167.

Farid, H. (2018 ). Pendekatan Fenomenologi (Suatu Ranah Penelitian Kualitatif). Pendekatan Fenomenologi, 4.

Fitri, S. (2017). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2, 118.

Ginanjar, M. H. (2013). KESEIMBANGAN PERAN ORANG TUA. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 02, Januari 2013, 234.

Habe, H. (2017). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG. kombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 5.

Jamun, Y. M. (2018). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 10, Nomor 1, 52.

Karwanto, V. M. (2022). PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 09 Nomor 05 Tahun 2022, , 7.

Khanif Kurniawan1, K. 2. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Revolusi Digital 4.0. Journal on Education Volume 05, No. 02, Januari-Febuari 2023, pp. 2238-2247 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365 Website:, 2242.

Kuswarno, E. (2016). Tradisi Fenomenologi pada Penelitian Komunikasi Kualitatif: Sebuah Pengalaman Akademis. Mediator: Jurnal Komunikasi, http://journal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5384/2746, 53.

Mhd. Isman. (2014). TRADISI LISAN SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER PERERTA DIDIK PADA ERA DIGITAL. 3.

Muktaf, Z. M. (2016). Teknik Penelitian Studi Kasus, Etnografi dan Fenomenologi dalam Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan, 3.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 38.

Sembiring. (2023). Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Berita Kominfo, 1.

Suryaningsih, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi VOLUME 7 No. 1 Mei 2020 ISSN: 1858-005X, 4.

Uge, S. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 461.

Sekretariat Negara RI, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Naional, (2003). 6.

Wijaya, H. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. 2.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

hawa, S. H. (2023). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL : PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 3(2), 72–81. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/134
Loading...