SEMINAR SEHARI TENTANG SHIROH NABAWIYAH
Keywords:
Shiroh Nabawiyah, Seminar sehariAbstract
Seminar sehari tentang shiroh Nabawiyah ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akhlakul karimah yang terjadi di masyarakat akibat adanya penyimpangan nilai-nilai agama. Pendidikan akhlak disituasikan sangat berperan penting dalam mengatasi hal tersebut. Atas dasar ini, pemateri mengambil nilai pendidikan akhlak Nabi Saw periode Mekkah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana “Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam sirah Nabawiyah” Seminar tentang Shiroh Nabawiyah ini bertujuan untuk menjelaskan nilai pendidikan akhlak seperti apa yang Nabi Saw lakukan ketika Nabi berada di kota Mekkah mulai dari turun wahyu pertamanya hingga penyiksaan. Jenis Seminar ini bersifat penguatan materi tentang Nabi SAW, pemberian semangat, dan contoh-contoh yang nyata yang telah diberikan oleh Nabi SAW, dan bagaimana nanti pelaksanaan didalam kehidupan sehari-hari bisa merujuk kepada teladan terbaik. Bagaimana Nabi SAW memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi dikala itu terkait dengan penguatan aqidah dan perjuangan yang membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga dan harta. Hasil seminar sehari tentang shiroh Nabawiyah menunjukkan bahwa sirah Nabawiyah mengandung berbagai nilai dan prinsip pendidikan akhlak. Tujuan pendidikan akhlak dalam sirah Nabawiyah adalah mewujudkan akhlakul karimah; materi pendidikan akhlaknya meliputi pendidikan akhlak kepada Allah, keluarga, masyarakat dan negara; serta metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak Nabi adalah metode mengajak, menasehati, dan keteladanan (qudwah). Pada umumnya tujuan pendidikan akhlak Nabi Saw adalah mengajak keluarga, sahabat serta ummatnya untuk mentauhidkan Allah Swt, tidak menyembah selain-Nya. Berbuat baik kepada siapapun berlaku sopan santun dan mencegah kemungkaran.
References
Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.
Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Aguslir Zulfamayetti &, Candra. 2002. Hadis. Bukit Tinggi: Pustekom MAN 2. Ahmadi, Abu. 2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
al-„Adawy, Musthafa. 2005. Fikih Akhlak. Jakarta: Qisthi Press
Al-Buthy, Muhammad Sa?id Ramadhan. 1999. Sirah Nabawiyah Analisis Ilmiah Manhajiah Sejarah Pergerakan Islam di Masa Rasulullah Saw. Jakarta: Robbani Press.
al-Mubarakfuri, Syaikh Shafiyurrahman. 2017. Sirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad dari Kelahiran hingga Detik-detik Terakhir, Jakarta: Darul Haq.
Anshori, Nur Saifuddin. 2013. Pendidikan Karakter Nabi Muhammad Saw Dalam Buku Sirah Nabawiyah Terjemahan Kitab Ar-Rachiiqu Al-Makhtuum Karya Syeikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfury. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Aziz, Jum?ah Amin Abdul. Fiqih dakwah. DKI: Era Interedia
Danim, Sudarman. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: AlFabeta.
Darajat, Zakiyah. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Al Muharrik Karimun Policy