STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH KARIMUN

STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH KARIMUN

Authors

  • Nurul Ajima Ritonga STIT Mumtaz Karimun
  • Elita Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz Karimun

Keywords:

: strategi pengembangan, kompetensi guru PAI

Abstract

Pelatihan Penelitian ini merupakan strategi pengembangan Kompetensi untuk guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian pengabdian masyarakat ini adalah (1). Bagaimana pemahaman kompetensi guru oleh guru PAI di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun(2). Bagaimanakah pelaksanaan pengembangan kompetensi guru PAI di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun (3) Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi strategi pengembangan kompetensi guru di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun. Metode yang digunakan melalui model ceramah, kisah-kisah, tadabbur alam. Setelah melakukan analisis maka penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemahaman kompetensi guru oleh guru di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun, adalah Profesionalisme yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan bidangnya, dan memiliki mutu pembelajaran agar tercapainya KBM yang efektif dan tepat sasaran. (2) Strategi pengembangan kompetensi guru adalah dengan meningkatkan kemampuan guru melalui seminar, mengikuti pertemuan MGMP, mengikuti diklat dan giat mengikuti kegiatan pelatihan lainnya dalam usaha memajukan kompetensi guru. (3) Faktor yang mempengaruhi pengembangan kompetensi guru adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran dan minimnya pengadaan sosialisasi. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi serta masukan bagi kepala sekolah dan guru, siswa dan lingkungan sekitar.

Author Biography

Elita Hidayat, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz Karimun

Pelatihan Penelitian ini merupakan strategi pengembangan Kompetensi untuk guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian pengabdian masyarakat ini adalah (1). Bagaimana pemahaman kompetensi guru oleh guru PAI di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun(2). Bagaimanakah pelaksanaan pengembangan kompetensi guru PAI di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun (3) Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi strategi pengembangan kompetensi guru di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun. Metode yang digunakan melalui model ceramah, kisah-kisah, tadabbur alam. Setelah melakukan analisis maka penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemahaman kompetensi guru oleh guru di Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun, adalah Profesionalisme yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan bidangnya, dan memiliki mutu pembelajaran agar tercapainya KBM yang efektif dan tepat sasaran. (2) Strategi pengembangan kompetensi guru adalah dengan meningkatkan kemampuan guru melalui seminar, mengikuti pertemuan MGMP, mengikuti diklat dan giat mengikuti kegiatan pelatihan lainnya dalam usaha memajukan kompetensi guru. (3) Faktor yang mempengaruhi pengembangan kompetensi guru adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran dan minimnya pengadaan sosialisasi. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi serta masukan bagi kepala sekolah dan guru, siswa dan lingkungan sekitar

References

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumiaksara.
Bafadal, Ibrahim, 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar,
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2),
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. (2007). Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Sudjiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Prees.

Downloads

Published

2021-08-11

How to Cite

Ritonga, N. A., & Hidayat, E. . (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH KARIMUN. JURNAL AL MUHARRIK KARIMUN, 1(2), 65–71. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/almuharrik/article/view/38

Issue

Section

AGUSTUS 2021
Loading...