PELATIHAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TILAWAH DAN TARTIL JENJANG ANAK-ANAK DI MASJID MUHAJIRIN DUSUN PELAMBUNG: Bahasa Indonesia

PELATIHAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TILAWAH DAN TARTIL JENJANG ANAK-ANAK DI MASJID MUHAJIRIN DUSUN PELAMBUNG

Bahasa Indonesia

Authors

  • Sasmita Aulia Winanda Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Normansyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Fauziah Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Ahmad Yani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

Abstract

Metode tilawah dan tartil dianggap sebagai metode belajar Al-qur,an yang praktis dan cepat untuk membantu anak didik membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. Tujuan dari bimbingan ini adalah untuk memberikan pembelajaran tentang bagaimana anak didik mampu membacakan ayat suci Al- qur’an dengan menggunakan metode tilawah dan tartil yang sudah diterapkan dan diajarkan. Mitra pengabdian yaitu mengajak seluruh anak”dusun pelambung untuk belajar tilawah dan tartil dimasjid muhajirin pelambung. Metode yang digunakan dalam bimbingan ini yaitu melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR) berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang mana pada bimbingan ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada ditengah-tengah masyarakat tepatnya tempat mengaji Al-qur’an dimasjid muhajirin pelambung, dengan menerapkan pembelajaran melalui metode tilawah dan tartil memberikan kepuasan dan peningkatan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an. Hasil bimbingan ini yaitu menunjukan bahwa anak didik sangat antusias dalam menikmati kegiatan ini karena membawa manfaat laindan melatih kemampuan membaca Al-Qur’an terlihat anak didik mampu memahami metode tartil sehingga dapat membaca AL-Qur’an dengan baik, benar,dan lancar. Hasil tersebut juga menunjukan bahwa metode tartil dapat meningkatkan kemampuan Al-Qur’an anak didik secara benar.

References

Afandi, A (2020). Metodologi pengabdian masyarakat. ( Jakarta: direktorian Pendidikan Tinggi Keagaman Islam Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI)

Febrianti, M, Hindun, H, & Juliana, R. (2022). Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Alquran Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Anak Sekolah Menengah Pertama. Islamic Education Studies : An Indonesia Jurnal, 5(1), 15-29. https://doi.org/ies.v51.36

Muharom Albantani, A.(2019) Pendekatan Fonetik,Kontrasif, dan Komunikatif dalam Pengajaran Membaca Alquran. Alfaz (Arabic Literatures for Academic Zealots), 7(02). 107.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62-71

Taufiqurokhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Sasmita, S. A. W., Normansyah, N., Fauziah Azizah, & Ahmad Yani. (2024). PELATIHAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TILAWAH DAN TARTIL JENJANG ANAK-ANAK DI MASJID MUHAJIRIN DUSUN PELAMBUNG: Bahasa Indonesia. JURNAL AL MUHARRIK KARIMUN, 4(2), 64–68. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/almuharrik/article/view/192

Issue

Section

AGUSTUS 2024
Loading...