LAPORAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TPQ MUHAJIRIN PELAMBUNG: Bahasa Indonesia

LAPORAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TPQ MUHAJIRIN PELAMBUNG

Bahasa Indonesia

Authors

  • Syahrul Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Nurbaiti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz
  • Siswoyo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mumtaz

Keywords:

Belajar, Mengajar, TPQ

Abstract

Taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) juga bertujuan untuk mensyiarkan ilmu pengetahuan agama islam. Dalam sebuah proses untuk memudahkan peserta didik dalam menuntut ilmu keagamaan, sehingga peserta didik dapat membaca atau memaknai isi Al-Qur’an, Menghafal do’a-do’a harian, Memperbaiki bacaan-bacaan dan gerakan dalam sholat dan ilmu-ilmu Fiqih atau Ilmu keagamaan yang lainnya dengan benar dan tepat. Yang dimana telah dikerjakan sudah sesuai dengan Program yang telah disusun Oleh sebuah Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Muhajirin. Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah Orang tua yang sedang berkesibukan untuk bekerja sehingga tidak sempat untuk mendidik anak-anak nya di Rumah, karena tidak semua orang tua memahami ilmu-ilmu Al-Qur’an yang sesuai dengan hukum dan tuntunannya yang terdapat dalam Al-Qur’an. Adapun Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sangat membantu orang tua dan peserta didik dalam menuntut ilmu, target yang di tuju oleh Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) tersebut yaitu anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar di TPQ Muhajirin telah berhasil dalam mengidentifikasi dan       memberikan bantuan dalam pemecahan masalah didunia pendidikan maupun penyampaian ide baru  kepada kelompok yang membutuhkan baik untuk anak maupun instansi pendidikan. Adapun kegiatan belajar mengajar disini biasanya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan yaitu dihari produktif senin-jum’at pukul 02:00-04:00 WIB. Tahap pertama untuk pembelajaran hari senin-rabu memiliki jadwal yang sama yaitu mengaji (iqr’a/Al-Qur’an) sekaligus belajar tajwid, membaca dan belajar menghafal do’a sehari-hari atau juz 30 (ayat-ayat pendek) biasanya tiap minggu berselingan tergantung tingkat kapasitas daya ingat dan minat anak. Tahap kedua pembelajaran khusus dihari kamis pemberian materi yang salah satunya mengenai ilmu tajwid, mengenal huruf-hurufnya disetiap hukum bacaan,serta mencari contohnya langsung pada Al-Qur’an dengan begitu anak-anak didik bisa dengan mudah mempelajari dan memahaminya, dan juga anak belajar memperbaiki bacaan dan gerakan sholat dan ilmu-ilmu fiqih dengan tepat dan benar, biasanya dihari kamis ini mengadakan sesi tanya jawab seputar pendidikan atau membahas materi yang sedang di pelajari. Tahap ketiga dihari jum’at dimana anak-anak sedikit lebih semangat datang dikarenakan anak bebas dalam menyalurkan kreativitasnya dalam menggambar baik menulis kaligrafi arab ataupun gambar-gambar yang diminati. Dengan adanya kegiatan pembelajaran seperti ini tidak membuat anak jenuh dalam belajar

References

Buku Panduan lengkap Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta 2021. Tim Penyusun Program KKN UMJ Bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMJ.

Farhan, A. (2015). al-Quran dan Keberpihakan kepada kaum Duafa. Jurnal Ilmiah Syi'ar, 15(2), 1-15.

Nasaruddin, Ilham, Nurdiniawati, & Alimudin. (2019). Pendampingan dan Peran TPQ untuk Mneningkatkan Baca Al-Quran di Dusun Soro Bali Desa Karampi. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 29–41.

Ridwan, M. (2019). Pengelolaan Zakat Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kota Cirebon. Syntax, 4.

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Syahrul, S., Nurbaiti, N., & Siswoyo, S. (2024). LAPORAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TPQ MUHAJIRIN PELAMBUNG: Bahasa Indonesia. JURNAL AL MUHARRIK KARIMUN, 4(2), 55–59. Retrieved from https://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/almuharrik/article/view/190

Issue

Section

AGUSTUS 2024
Loading...