ANALISIS SWOT DAN PEMETAAN STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PADA PRODI PBA INSTITUT AGAMA ISLAM ABDULLAH SAID BATAM
Bahasa Indonesia
Keywords:
Analisis, SWOT, Strategi Pendidikan Islam, Strategi Prodi PBAAbstract
Di tengah masalah kesenjangan mutu pendidikan yang dihadapi bangsa kita saat ini, tentu banyak sekali akan memunculkan keraguan mengenai kesiapan lembaga pendidikan dalam menghadapi persaingan secara global. Oleh karena itu dalam kajian kali ini penulis akan berupaya mengkaji suatu permasalahan mengenai analisis SWOT dan pemetaan strategi pada prodi PBA di lembaga Perguruan Tinggi yaitu Institut Agama Islam Abdullah Said Batam. Berdasarkan masalah pada artikel ini, maka penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Selain bersifat kepustakaan, penelitian ini juga bersifat kualitatif. Karena yang di hasilkan adalah bersifat deskriptif analitis. Yaitu memaparkan permasalahan secara apa adanya berdasarkan pada sumber-sumber rujukan otoritatif dalam bidang ilmu pendidikan, sesuai teori yang diteliti. Dan hasil menujukan bahwa Analisis SWOT berpengaruh terhadap Prodi PBA di kampus Institut Agama Islam Abdullah Said Batam.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Metode Peneltian.” Jakarta: Rineka Cipta.
Atmaja, Sena, and Resy Perwithasari. 2018. “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.” JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis 8(1).
Fatoni, Fatoni, and Nurhayati Nurhayati. 2022. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HAFALAN MUFRADAT SISWA KELAS V SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM TAHUN AJARAN 2021-2022.” JURNAL MUMTAZ 2(2): 105–12.
Halim, Abdul, U S Kasful Anwar, and Muhamad Taridi Maisah. 2019. “The Analysis of Character Education Policy at State of Madrasah Aliyah Jambi Indonesia.”
Hua, Haiyan, and Jon Herstein. 2003. “Education Management Information System (EMIS): Integrated Data and Information Systems and Their Implications in Educational Management.” In Annual Conference of Comparative and International Education Society,.
Kotler, Philip et al. 2012. Principles of Marketing: An Asian Perspective. Pearson/Prentice-Hall.
Moleong, Lexi J, and PRRB Edisi. 2004. “Metodelogi Penelitian.” Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Mukhlasin, Ahmad, and Mansyur Hidayat Pasaribu. 2020. “Analisis Swot Dalam Membuat Keputusan Dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat.” Invention: Journal Research and Education Studies 1(1): 33–44.
Muslimin, Erwin, and Uus Ruswandi. 2022. “Tantangan, Problematika Dan Peluang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi.” Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies 2(1): 57–71.
Muyassarah, Muyassarah. 2019. “Analisis SWOT Pada Strategi Pemasaran Produk Simpanan Kurban Di KSPPS BMT NU Sejahtera Cabang Jepara.” SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam 1(3): 69–80.
Nurhayati, Afrizawati, and Yandra Rivaldo. 2021. “Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Guru MAdrasah Ibtidaiyah 5: 49–58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.
Nurhayati, Nurhayati et al. 2022. “MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 3(2): 594–601.
Nurhayati, Nurhayati, and Kemas Imron Rosadi. 2022. “DETERMINASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM?: SISTEM PENDIDIKAN , PENGELOLAAN PENDIDIKAN , DAN TENAGA PENDIDIKAN ( LITERATUR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ).” 3(1): 451–64.
Safitri, Wahyu. 2021. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM.” JURNAL AS-SAID 1(2): 52–59.
Sari, Fentina Rahmi. 2017. “Optimalisasi Lembaga Pendidikan Islam Melalui Manajemen Strategik Analisis Swot.” Manajemen Pendidikan dan Keislaman 6(2): 95–113.
Setyaningsih, Eka Dyah. 2018. “Analisis SWOT Implementasi Financial Technology Syariah Pada PT Telkom Indonesia.” Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking 2(2): 73–91.