NILAI -NILAI PENDIDIKAN WUDHU DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADITS

Bahasa Indonesia

Authors

  • Alhamida Universitas muhammadiyah Riau (UMRI)
  • Dinda Putri Hasanah Universitas muhammadiyah Riau (UMRI)
  • Royhana Safitri Universitas muhammadiyah Riau (UMRI)
  • Srimei Ulfani Universitas muhammadiyah Riau (UMRI)
  • Wismanto Universitas muhammadiyah Riau (UMRI)

Keywords:

Hadith, Guidance, Wudhu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas tentang pentingnya wudhu dalam kehidupan sehari-hari menurut Al-qur’an dan hadist. Metode penelitian ini menggunakan tipt kualitatif melalui penelitian dokumen dengan analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi pandangan umum tentang wudhu, dalil-dalil Al-qur’an dan hadist tentang wudhu, serta dampak wudhu dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan melaksanakan wudhu sesuai petunjuk yang diajarkan nabi Muhammad SAW dan mengamati setiap Gerakan wudhu serta memiliki motivasi diri untuk tetap wudhu, maka semua orang dapat mengatasi hambatan dan tantangan. Kajian ini di harapkan dapat turut memperkaya khazanah ilmu keislaman.

References

Adawiah, R. E., Amanah, M. I., Yurna, Adawiah, E. R., Madani, I., Sukabumi, N., Barat, J., & Yurna, Y. (2023). Implementasi Thaharah Dalam Mengelola Hidup Bersih Dan Berbudaya Ima Muslimatul Amanah. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 123–141.

Amari, R. O. (2023). No ????????????????????? ?????????????????Title. 31–41.

Amir Husen, Umar Natuna, M. Ridho Hidayat, Zalisman, W. (2023). Upaya Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas “Guru Profesional” dalam Menghadapi Pendidikan di Era Disrupsi. 12, 241–251.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.

Clodia, C. (2019). Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya ’ Ulumuddin Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Bengkulu Tahun 2021. Tharah.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Dr. H Khairil Anwar, M. A. (2021). POKOK POKOK AJARAN ISLAM Penulis. 1–77.

Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.

Elza Dwi Putri. (2019). Pengertian?: Jurnal Pendidikan Indonesia ( PJPI ). https://doi.org/10.00000/pjpi.v1n12023

Faridah, S. (2022). Psikologi Ibadah Menyingkap Rahasia Ibadah Perspektif Psikologi. In Jakarta: Amzah.

Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, Khairul, W. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.

Indasari, D., & Sriwijaya, P. N. (1997). MEMPERAKTEKKANTATACARA BERWUDHU YANG BENAR. 8–12.

Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.

Isnaini, M., Bidin, I., Wahyu Susanto, B., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT. Journal on Education, 5(4), 11539–11546.

Jamal, K., & Dalimunthe, D. B. (2021). Implementasi Wudu’ Sebagai Solusi Wabah Perspektif Tafsir. Jurnal An-Nur, 10(2), 62–67.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Karim, H. A. (2021). Menilik Pengelolaan dan Pelaksanaan Ibadah sebagai Sarana Psikoterapi dalam Islam. Al Irsyad, Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 12(1), 15–36.

KEMENDIKNAS. (2011). Character Education Implementation Guide Book. The Ministry of National Education, 14–16.

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.

Kurmanengsih. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Berwudhu Siswa Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif (PTK) di Kelas 2 SDN Joglo 05 Pagi Kembangan, Jakarta Barat. Tesis, 2019920021, 1–199.

Kusumawardani, D. (2021). Makna Wudhu dalam Kehidupan menurut Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 107–118. https://doi.org/10.15575/jra.v1i1.14261

Lara. (2022). No Title??? ??? ????? ?? ?? ????? ???? ??????. ????, 8.5.2017, 2003–2005.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.

Mashadi, I. (2022). Pendidikan dan pengetahuan hidup bersih dan sehat dalam perspektif islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 1–60.

Mohamad Amzarul. (2022). SHALAT BAGI PETUGAS MEDIS YANG BERPAKAIAN PERSONAL PROTECTIVEEQUIPMENT (PPE) SEMASA PANDEMICOVID-19 (Studi Perbandingan pendapat Empat Mazhab (Vol. 19).

Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06

Muin, R. D. A. (2022). Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam. 4.

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Nursyamsiyah, S., & Huda, H. (2023). Penguatan Pemahaman Keislaman di Era Digitalisasi bagi Aisyiyah Kabupaten Jember Strengthening Islamic Understanding in The Era of Digitalization for Aisyiyah Jember District Jurnal Agama Islam | 102. 3(2), 101–109.

Rahman, A. Y. (2020). Implementasi Spirit Keilmuwan Wahyu Memandu Ilmu Dalam Bidang Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 1–13.

Ranam, S., Muslim, I. F., & Priyono, P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 90. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8192

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.

Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 15–26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059

Sri Indriyani, NerianiDzakirah Nur AssyifaMaya Wulan sari, W. (2023). Korelasi Kedudukan dan Fungsi Sunnah Sebagai Sumber Hukum dengan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. 1(2), 123–135.

Sumarno. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Di Sma Ar Rahmah Putri Islamic Boarding School Malang. Jurnal Mumtaz, 2(2), 132–149.

Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.

Syahminan, A., & Mahfuzh, T. W. (2022). Konseling Islam Dengan Terapi Wudhu Untuk Mengurangi Gangguan Tidur Pada Siswa SMP Islam Nurul Ihsan. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 221–227. https://doi.org/10.23971/js.v3i2.6123

Syandi, O. A. (20 C.E.). Wudhu dan Kesehatan. 1–11.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Taman, D. I., & Kanak, K. (2023). PENGENALAN WUDU PADA ANAK DI TAMAN KANAK – KANAK UMEGA.

Tualeka, M. W. N. (2022). Manfaat Air Wudhu dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Mas Mansyur, 1(1), 46–60.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.

Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.

Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Alhamida, A., Putri, D., Royhana Safitri, R. S., Srimei Ulfani, S. U., & Wismanto, W. (2024). NILAI -NILAI PENDIDIKAN WUDHU DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI BERBASIS AL-QUR’AN DAN HADITS: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 4(1), 40–51. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/162

Issue

Section

JANUARI 2024

Most read articles by the same author(s)