MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI PONDOK PESANTREN AL-MASHDUQIAH PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO

Bahasa Indonesia

Authors

  • Malikul Habsi Universitas Nurul Jadid, Paiton Probolinggo
  • Mukhlis Rahmatullah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Kraksaan Probolinggo
  • Muktasim Billah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Badri Mashduqi, Kraksaan Probolinggo

Keywords:

Manajemen Strategik, Pembelajaran Al-Quran, Metode Ummi.

Abstract

Artikel ini membahas penerapan manajemen strategik untuk meningkatkan pembelajaran Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Patokan Kraksaan Probolinggo melalui penggunaan Metode Ummi. Manajemen strategik digunakan sebagai pendekatan integral dalam perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran Al-Quran, sementara Metode Ummi diadopsi untuk memperdalam pemahaman serta keterlibatan keluarga dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak positif dari penerapan manajemen strategik dan Metode Ummi terhadap efektivitas pembelajaran Al-Quran di lingkungan pesantren. Artikel ini memberikan wawasan bagi pengelola pondok pesantren, pendidik, dan peneliti untuk menggali potensi manajemen strategik dan Metode Ummi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Quran di lingkungan pendidikan Islam. Sebagai kontribusi terhadap literatur keislaman, penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan model pembelajaran yang relevan dan berkesinambungan dalam upaya memperkuat pemahaman terhadap Al-Quran di kalangan generasi muda.

References

Aini, M. Q. (2020). Homepage?: http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/mpi. E-Journal.Staima-Alhikam.Ac.Id/Index.Php/Mpi, 1(2), 184–199.

Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi. Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi, 177.

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Hermanto Nst, M. (2018). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam. Al-Muaddib?: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.471

Ii, B. A. B., Teori, A. D., Pengertian, T., & Pembelajara, S. (2012). Kajian Pustaka Manajemen Strategi. Molucca Medica, 11(April), 13–45. http://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/moluccamed

khoirunisa, N. (2019). Manajemen kesiswaan. 20. https://doi.org/10.31227/osf.io/ytzsq

Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53–69. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.31630

M.Sulton. (2012). Problematika Manajemen Pendidikan. Ta’limuna, 1, 18–32.

Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM?: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73–97. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.132

Neneng Nurmalasari, & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.

Rosi, F. (2020). p-ISSN?:2657-1269 e-ISSN?: 2656-9523. Jurnal Auladuna, Mi, 37–49.

Sagala, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Setyaningsih, D. (2022). Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pedagogika, 13(Nomor 01), 24–34. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1221

Ully Muzakir. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena Journal, 4(2), 130–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Habsi, M., Rahmatullah, M., & Billah, M. (2024). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI PONDOK PESANTREN AL-MASHDUQIAH PATOKAN KRAKSAAN PROBOLINGGO: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 4(1), 16–22. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/159

Issue

Section

JANUARI 2024