IMPLEMENTASI METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 KARIMUN

Bahasa Indonesia

Authors

  • Siti Hawa,S.H.I.,S.Pd.I.,M.Pd hawa STIT MUMTADZ KARIMUN

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana implementasi/penerapan metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Karimun. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah MIN 2 Karimun, guru PAI serta 30 orang siswa. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung kepada kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Karimun, guru Pendidikan Agama Islam, dan  siswa kelas IV,V,dan VI masing-masing terdiri terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang Perempuan.

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Karimun dan untuk mengetahui jenis-jenis penerapan reward dan punishment yang diberikan oleh guru serta untuk mengetahui bagaimana implikasi penerapan metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Karimun.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode reward dan punishment memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan diterapkannya metode reward dan punishment ini tentunya dapat memicu siswa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya agar lebih baik. Di MIN 2 Karimun , Ada beberapa bentuk reward yang diberikan oleh guru terhadap siswanya yang berprestasi dan aktif dikelas, seperti pemberian nilai, mengacungkan jempol, pemberian pujian, pemberian tepuk tangan, pemberian hadiah dan tanda penghargaan,  Sedangkan punishment yang diberikan guru kepada siswa yang tidak taat dan melanggar peraturan dikelas berupa pemberian teguran, peringatan secara lisan, pemberian alpha, serta memberikan tugas tambahan. Implikasi penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi serta prestasi siswa di MIN 2 Karimun membuat siswa lebih semangat belajar dan disiplinnya semakin meningkat. Reward dianggap sebagai alat pendidikan yang sangat mendukung, karena dengan diterapkannya reward dapat menjadikan siswa berlomba-lomba untuk berprestasi dan siswa  merasa senang dikarenakan hasil kerja kerasnya mendapatkan apresiasi/penghargaan dari guru.  Pemberian punishment juga memiliki peran yang sangat penting karena dengan diberikannya hukuman siswa akan lebih berhati-hati untuk melakkan pelanggaran dan punishment tentunya akan meberikan efek jera sehingga siswa takut untuk mengulangi kembali kesalahannya.

References

Hidayah, H., & Hidayat, M. (2023). Hubungan kemampuan manajemen kelas dengan aktivitas belajar siswa di mis al-washliyah kualuh leidong. Jurnal Mumtaz Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (Stit) Mumtaz Karimun, 3(1), 21–31. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/92/75

.

, B. d. (2020). STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK LINE UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN. JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship, 11.

Abdurrahman Saleh dalam Waqiah, M. Z. (2021). PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN. Jurnal Al-Qayyimah, Vol. 4 Nomor 1 Juni Tahun, 72.

Akhmad Robayt Alfauzi1, I. M. (2022). Implementasi Metode Reward and Punishment Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Islam Nur Hidayah Balikpapan. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 2006.

Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAM. Didaktika Junal Kependidikan , 124.

Bungin dalam Lenti, B. d. (2020). STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK LINE UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN. JBEE : Journal Business Economics and Entrepreneurship, 11.

Busro, S. d. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius. halim Journal of Teaching and Learning, 36.

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 785.

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 785.

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 785.

Ernata, Y. (2017). NALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI . Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 784.

Ni’matul Khoir, D. J. (2019,). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Factor M: Focus ACTion Of Research Mathematic Volume, 166.

Novitasari, A. (2009). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa | ojs.umsida.ac.id/index.php/Halaqa, 29.

Pristiwanti1, D. (2022). Pengertian Pendidikan Desi. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume, 7911.

suahemin, s. d. (2013). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 255.

Tanlai dalam Marlina. (2014). PUNISHMENTDALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN TINDAK PIDANA KEKERASAN. Jurnal Mercatoria Vol.7No.1, 52.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

hawa, S. H. (2024). IMPLEMENTASI METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 2 KARIMUN: Bahasa Indonesia. JURNAL MUMTAZ, 4(1), 1–9. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/157

Issue

Section

JANUARI 2024