LAPORAN KEGIATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KOMUNITAS
Bahasa Indonesia
Keywords:
Kurikulum, Merdeka, Berbasis, Komunitas.Abstract
Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk mengembangkan proses pelaksanaan Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Karimun. Proses pengabdian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Karimun. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa proses implementasi kurikulum Merdeka berbasis komunitas di MIN 3 Karimun sudah mulai berkembang dan sudah dijalankan dengan baik, sehingga Komunitas MIN 3 Karimun dapat menjadi komunitas yang menyampaikan tentang proses IKM-BK di MIN Lainnya yang ada di Karimun
References
Adriwati. 2021. “Readiness of Indonesia Telecommunication Business Incumbent in Facing Disruption Era.” PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 18(08): 2476–87. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/9177.
Drabsch, J. 2013. Briefing Paper NSW Parliamentary Service: The Australian Curriculum. Online.(http://www.parliament.nsw.gov.au/prod/parlment/publications.nsf/0/B18363C26EC0F93ACA257B1800144FDE/$File/The%20Australian%20 Curriculum.pdf). Diakses 12 Oktober 2023.
Ferayanti, M., Nissa, H., dkk. 2023. Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Data Uji Kompetensi Guru. Online. (https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg). Diakses 12 Oktober 2023.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2023. Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://static.skm.kemdikbud.go.id/. diakses 15 Oktober 2023.
Nur Rakhmah, Diyan dkk,. 2023. Laporan Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tahun Pertama 2022. Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbudristek.
Pratiwi, Lukman, Rakhmah, Utama. 2019. Regulasi Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran. Pusat Penelitian Kebijakan.
Rahayu, Neneng Sri, Muhammad Hasan Dhiaullah, and Alvita Marsha. 2023. “Utilizing E-Learning and User Loyalty with User Satisfaction as Mediating Variable in Public Sector Context.” International Journal of Data and Network Science 7(3): 1341–48.
Robby, S. K. I., Abdilah, D., & Faiz, A. 2022. Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19: Proses Pembelajaran dan Hambatan. Jurnal Education and Development, 10(1), 234–239. https://journal.ipts.ac.id/ index.php/ED/article/view/3366
Suryanto, Adi, M. Firdaus, A. Aswi, and F. A. Tamsir. 2023. “The Challenges and Opportunities in the Implementation of E-Learning for Competence Development of State Civil Apparatus.” Information Sciences Letters 12(5): 2165–75.
Sekar, Ayu Yunita dan Kamarubiani, NIke.2020. Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar dan Pengembangan Diri.Vol. 2, No. 1, Agustus 2020
World Bank. 2013. Mendayagunakan Guru dengan Lebih Baik: Memperkuat Manajemen Guru untuk Meningkatkan Efisiensi dan Manfaat Belanja Publik. Naskah Kebijakan, Januari 2013.
Wuryanto, H. dan Abduh, M. 2022. Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Online. (https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji- kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li). Diakses 12 Oktober 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yanti Yanti, Hikmatul Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Al Muharrik Karimun Policy