PENGETAHUAN AGAMA ISLAM YANG FUNDAMENTAL SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI MUSLIMAH MELALUI KAJIAN PEKANAN

Main Article Content

Hafis Nurul Muhammad

Abstract

Ilmu dalam syariat Islam telah mencakup seluruh aspek di dalam kehidupan manusia mulai dari hal terkecil yang paling disepelekan oleh manusia seperti halnya adab buang angin hingga hal paling besar dalam diri manusia seperti pengabdian atau penghambaan diri kepada sesuatu. Allah telah mewajibkan kepada seluruh manusia khususnya umat muslim termasuk para nabi dan rasul-Nya untuk terus menuntut ilmu. Ilmu yang dimaksud oleh Allah adalah ilmu syar’i yang merupakan suatu hal yang lebih penting bahkan dari kebutuhan makan dan minum seseorang. Hal yang paling mendasar atas penyelenggaraan kajian ilmu bagi muslimah ini sehingga menjadi salah satu agenda yang diprioritaskan dikarenakan wanita merupakan penghuni terbanyak di neraka kelak adalah wanita karena ketidaktahuan mereka terhadap suatu ilmu khususnya sebagai seorang hamba Allah dan sebagai istri dari suaminya. Inti dari kajian yang disampaikan adalah dakwah islam yang saat ini masih terdengar asing di telinga masyarakat sehingga buta akan ilmu islam yang haqq yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kajian ilmu disampaikan oleh al-ustadz Muhammad Raffi, S.Ag. dengan pembahasan fiqh dan al-ustadz Andyka Firmansyah yang membahas muamalah yang keduanya merupakan murid dari al-ustadz Guntur Helley rahimahullahu ta’ala.

Article Details

How to Cite
Nurul Muhammad, H. (2024). PENGETAHUAN AGAMA ISLAM YANG FUNDAMENTAL SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI MUSLIMAH MELALUI KAJIAN PEKANAN. JURNAL AL MUHARRIK KARIMUN, 4(1), 1–6. Retrieved from http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/almuharrik/article/view/166
Section
FEBRUARI 2024

References

Ajizah, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kitab Al-Ghoyah wat-Taqrib Berbasis Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI SMA Khadijah Surabaya. UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Al Jauziyah, I. Q. Miftah Daris Sa’adah (2nd ed.; A. H. Al Halabi, Ed.). Pustaka Imam Syafi’i.

Ali Chozin, M. (2013). Strategi Dakwah Salafi di Indonesia. Jurnal Dakwah, XIV(1).

Kosim, M. (2008). Ilmu Pengetahuan Dalam Islam (Perspektif Filosofis-Historis). Tadris, 3(2).